logo


Padahal Rasanya Enak, Nyatanya Daftar Makanan Ini Bisa Sebabkan Kanker

Makanan apa saja? Simak daftarnya di artikel berikut.

16 Agustus 2019 15:25 WIB

Ilustrasi makanan dan minuman.
Ilustrasi makanan dan minuman. peglobal.net

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kebiasaan makan, pola makan yang tidak sehat, serta gaya hidup tidak teratur merupakan kombinasi yang mampu mengembangkan potensi penyakit di dalam tubuh kamu.

Salah satu jenis penyakit yang paling ditakuti adalah kanker. Penyakit ini menjadi penyakit yang ditakuti sebab mampu menyebabkan kematian.

Baca juga: Walau Harganya Murah, Ikan Ini Dapat Dongkrak Kecerdasan Kamu Lho!


Mudah Didapat, 5 Makanan Ini Ampuh Atasi Masalah Cacingan

Untuk itu, berikut adalah makanan enak sebab kamu suka mengonsumsinya namun berpotensi menyebabkan kanker seperti dilansir dari healthmeup.com.

Baca juga:

1. Daging olahan

Daging olahan seperti sosis, bakso, ham, bacon, menjadi alternatif menu untuk mereka yang sibuk. Tinggal digoreng jadi deh panganan sedap.

Berdasarkan penelitian Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada tahun 2015 ditemukan bahwa berlebihan konsumsi daging olahan bisa menyebabkan kanker. Diduga hal ini disebabkan reaksi senyawa natrium yang biasa dipakai untuk pengawet dengan senyawa amina dalam daging bersifat karsinogenik.

2. Daging merah

Penelitian yang sama yang telah dilakukan WHO juga menemukan bahwa kebanyakan konsumsi daging merah seperti sapi, kambing, atau babi bisa meningkatkan risiko kanker kolorektal atau kanker usus.

Baca juga: Jangan Minum Kopi Lebih dari Tiga Cangkir, Ini Bahayanya

3. Makanan kaleng

Mengonsumsi makanan kaleng berpotensi menyebabkan kanker. Hal ini disebabkan karena makanan tersebut kaya akan zat pengawet yang apabila menumpuk di tubuh mampu memicu pertumbuhan sel kanker. Belum lagi bahan kimia tertentu yang melapisi kaleng tersebut dapat mempengaruhi gen kanker di dalam tubuh kamu.

4. Keripik kentang

Siapa yang tidak suka mengonsumsi keripik kentang? Rasanya yang enak dan gurih membuatnya disukai siapa saja. Namun makanan ini sarat akan lemak, kalori, bahan pengawet, penyedap buatan, natrium, dan bahan kimia lainnya. Semuanya mampu memberikan kontribusi pada pertumbuhan sel kanker tubuh kamu.

Kulit Cantik Tak Perlu Mahal, Cukup Gunakan Bahan Ini Secara Rutin

Halaman: 
Penulis : Kesdik Bayu