logo


Sidang Tahunan MPR, Zulhas Ucapkan Terima Kasih ke Prabowo-Sandi

Simak berita selengkapnya

16 Agustus 2019 13:49 WIB

Zulkifli Hasan
Zulkifli Hasan Facebook/Zulkifli Hasan

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan menegaskan bahwa MPR adalah lembaga negara, lembaga demokrasi dan lembaga permusyawaratan yang menjalankan mandat rakyat berdasarkan konstitusi.

Menurutnya wewenang yang dimandatkan kepada MPR sungguhlah mulia, karena terkait pengaturan hukum dasar negara yaitu mengubah dan menetapkan Undang-Undang Dasar, sehingga lembaga ini disebut sebagai lembaga negara yang memiliki kewenangan tertinggi.

Baca Juga: Anies Baswedan ke NasDem, Surya Paloh: Pendukung Ahok Gak Suka


Siap Isi Kursi Ketua MPR, Gerindra: Kami Tidak Mau Munafik

“Pemberian kewenangan tersebut sejalan dengan ruh yang disematkan ke dalam MPR, yakni ruh kedaulatan rakyat. Spirit ini lah yang kemudian dituangkan dalam visi MPR sebagai Rumah Kebangsaan, Pengawal Ideologi dan Kedaulatan Rakyat,” ujar Zulkifli saat berpidato dalam Sidang Tahunan MPR bersama DPR dan DPD di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8).

Ketua Umum PAN ini menambahkan MPR sebagai rumah kebangsaan, pengawal ideologi dan kedaulatan rakyat, maka MPR merupakan representasi dari daulat rakyat yang menjembatani berbagai aspirasi masyarakat dan daerah yang mengedepankan etika politik kebangsaan.

“Dengan selalu berusaha menciptakan suasana harmonis antar kekuatan sosial politik dan antar kelompok kepentingan untuk mencapai sebesar-besar kemajuan bangsa dan negara,” tuturnya.

Jokowi Umumkan Lokasi Ibu Kota Baru 16 Agustus, Ini Harapan Sebenarnya Rakyat

Dalam hal ini, Zulkifli mengatakan bukti nyata tampak pada saat berlangsungnya Pemilihan Umum Serentak 2019. Menurutnya, MPR tidak ikut larut dalam polarisasi kompetisi yang cukup memanas, khususnya dalam kontestasi pemilihan Presiden dan Wakil Presiden.

“MPR yang terdiri dari anggota DPR dan anggota DPD, terus mengajak masyarakat untuk bersikap bijak dalam menyikapi kompetisi Pilpres, untuk tidak mengorbankan kepentingan persatuan bangsa hanya demi pemilu sebagai agenda rutin 5 (lima) tahunan,” katanya.

Zulkifi menegaskan bahwa dalam setiap aktivitasnya, MPR selalu mengingatkan kepada seluruh komponen bangsa bahwa dalam kehidupan demokratis memerlukan sikap dan tindakan saling menghormati.  Dan aktivitas kenegaraan harus selalu mengedepankan kejujuran, amanah, keteladanan, sikap toleransi, rasa malu, tanggung jawab, menjaga kehormatan, serta martabat diri sebagai warga bangsa.

Bukan Hanya Ponsel, Benda Ini Juga Dilarang Ditaruh di Jok Motor Bisa Picu Ledakan !!!

“Alhamdulillah, Pemilu Serentak 2019 yang untuk pertama kalinya dilaksanakan, akhirnya dapat kita lalui bersama. Suksesnya penyelenggaraan Pemilu Serentak 2019 merupakan bukti bahwa Bangsa Indonesia telah semakin dewasa dalam berdemokrasi. Melalui sidang terhormat ini,” tuturnya.

Zulkifli juga mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk bersama-sama menerima hasil Pemilihan Umum 2019 ini secara ikhlas. Menurutnya Pemilihan Umum Legislatif dan Pemilihan Umum Presiden haruslah dipahami sebagai kompetisi antar kita, antar saudara, antar sesama anak bangsa.

Dia melanjutkan apapun hasilnya, merupakan kemenangan kita semua sebagai bangsa Indonesia, karena pilihan politik boleh beda, tetapi merah putih kita sama, dan tetap akan sama untuk selamanya.

PNS Kerja dari Rumah, Menpan Bilang, "Untuk Mudahkan Selesaikan Pekerjaan"

“Kami atas nama Pimpinan dan Anggota MPR mengucapkan selamat kepada Bapak Joko Widodo dan Bapak Ma’ruf Amin yang telah terpilih sebagai Presiden dan Wakil Presiden periode 2019–2024,” kata Zulkifli.

“Kepada Bapak Prabowo Subianto dan Bapak Sandiga Uno, kam mengucapkan terima kasih atas sikap kenegarawanan yang telah Bapak tunjukkan selama ini,” pungkasnya.

Jelang Sidang Tahunan MPR, Iskan Qolba Lubis Minta Presiden Memberi.....

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Nugroho Meidinata