logo


Kemenkop dan UKM Dorong Kepala Daerah untuk Kembangkan UMKM di Wilayah Masing-masing

Berikut ulasannya

15 Agustus 2019 18:15 WIB

Sekretaris Kemenkop dan UKM, Prof Rully Indrawan
Sekretaris Kemenkop dan UKM, Prof Rully Indrawan Doc Jitunews

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM, Prof Rully Indrawan, mengajak para kepala daerah, dalam hal ini bupati dan walikota untuk menggunakan kewenangan yang dimilikinya dalam membantu mengembangkan UMKM di masing-masing daerahnya, terutama pengembangan di bidang usaha mikro.

Menurutnya Hari UMKM Nasional merupakan momentum untuk mengingatkan kepada semua pihak bahwa ada kelompok (UMKM) yang harus senantiasa diperhatikan dan didukung keberadaan agar bisa menciptakan usaha yang lebih baik dan berimbas pada kesejahteraan masyarakat.

“UMKM merupakan kelompok masyarakat yang telah memberikan kontribusi besar kepada bangsa dan negara. Bagaimana tidak, 99,97 persen pelaku ekonomi nasional adalah kelompok usaha yang dikategorikan UMKM,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima Jitunews.com, Kamis (15/8).


Untuk Atasi Masalah, Kementerian Koperasi dan UKM Ajak Masyarakat untuk Berkoperasi

"Sedangkan usaha besar hanya 0,03 persen. Bahkan tenaga kerja di Indonesia terserap 97 persen di bidang UMKM. Jadi jangan sekali-sekali melecehkan UMKM. Mereka adalah saudara-saudara kita, dan kita sendiri ada di dalamnya," imbuhnya.

Tak hanya itu, dia juga mengatakan, kontribusi UMKM kepada PDB nasional sebanyak 60 persen. "Sayangnya, para pelaku UMKM selalu mengalami kesulitan dalam memperoleh pinjaman modal. Tak heran kalau orang Sunda sering menyebutkan bahwa UMKM itu singkatan dari 'usaha maneh kumaha maneh," tuturnya.

Sebut UMKM Jadi Penopang Ekonomi Nasional, Kemenkop: Inilah Tugas dan Tantangan Kita Semua

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Raka Kisdiyatma