logo


Jauh Lebih Berbahaya, Ini Dampak Polusi Udara Bagi Seorang Bayi

Apa saja dampaknya?

15 Agustus 2019 16:48 WIB

Bayi meninggal ilustrasi
Bayi meninggal ilustrasi IG

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Belakangan ini polusi udara menjadi permasalahan utama bagi kesehatan mesyarakat. Dampak polusi ini bukan hanya dirasakan oleh orang dewasa, balita pun merasakan dampak yang sama, bahkan bisa lebih parah.

Perlu diketahui, jika kita menghirup polusi udara setiap hari maka dapat menyebabkan efek kesehatan jangka panjang pada tubuh kita. Mulai dari masalah pernapasan hingga masalah kulit, semua bisa terjadi jika tubuh yang terpapar setiap harinya dengan polutan-polutan yang tersebar di udara.

Baca juga: Kulit Cantik Tak Perlu Mahal, Cukup Gunakan Bahan Ini Secara Rutin


Kulit Cantik Tak Perlu Mahal, Cukup Gunakan Bahan Ini Secara Rutin

Nah, bayi sendiri memiliki sistem kekebalan tubuh yang cenderung lebih lemah dibandingkan dengan orang dewasa. Ini jelas, bahwa bayi juga akan terdampak negatif akibat paparan polusi udara.

Dilansir dari 1Health, polusi udara dapat memengaruhi paru-paru bayi lebih cepat dan bahkan, ini dapat memengaruhi fungsi paru-paru anak setelah ia tumbuh dewasa.

Ketika seorang bayi sudah terpapar polusi bahkan sejak hari kelahirannya, ini akan berdampak pada fungsi paru-parunya, ketika ia sudah menginjak umur 8 tahun ke atas.

Partikel-partikel debu, asap, serbuk sari, dan abu yang terdapat di udara dapat berdampak negatif pada sistem pernapasan bayi. Dalam sebuah penelitian terbaru, para peneliti mengamati fakta, bahwa fungsi paru-paru anak yang tinggal sangat dekat dengan lingkungan yang tercemar ternyata 6% lebih lemah dibandingkan dengan anak lain yang tinggal jauh dari lingkungan yang tercemar.

Ini jelas menunjukkan bagaimana polusi dapat berdampak pada fungsi paru-paru anak. Bahkan, para peneliti merekomendasikan untuk tinggal di area dengan udara yang bersih setidaknya ketika seseorang sudah memiliki anak.

Karena paru-paru bayi masih sangat rentan, orang tua disarankan untuk memilih tempat tinggal di daerah-daerah di mana udaranya masih bersih, sehingga bayi juga orang tua bisa menghirup udara segar setiap saat.

Cobalah Rutin Mengkonsumsi Kopi dan Dapatkan 3 Manfaat Dahsyat Ini

Halaman: 
Penulis : Kesdik Bayu