logo


Jadi Andalan Indonesia, Berikut Keistimewaan Tank Anoa!

Tank Anoa adalah kendaraan lapis baja buatan Indonesia.

15 Agustus 2019 17:00 WIB

Presiden Joko Widodo menjajal Panser Anoa Amfibi saat menghadiri rapat pimpinan TNI di Mabes TNI, Cilangkap, Senin (16/1).
Presiden Joko Widodo menjajal Panser Anoa Amfibi saat menghadiri rapat pimpinan TNI di Mabes TNI, Cilangkap, Senin (16/1). Jitunews/Rezaldy

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Teknologi militer Indonesia telah mendapat banyak pengakuan dunia internasional dalam beberapa tahun terakhir.

Salah satu yang mendapat pengakuan tersebut adalah Tank Anoa buatan PT. Pindad Indonesia.

Bukan tanpa sebab, tank kebanggaan nasional itu memang memiliki banyak keunggulan yang sudah diakui dunia internasional.


Harga Emas Catatkan Rekor Baru, Bitcoin Malah 'Terjun Bebas'

Apa saja keunggulannya? Yuk cek di bawah ini Kawan Jitu!

1. Mampu Bertempur di Air - Mempunyai nama lengkap Tank Anoa Amphibious‎ 6x6, kendaraan tempur produksi PT. Pindad ini mampu bermanuver di medan berair seperti sungai, rawa atau danau. Kemampuan ini tidak dimiliki tank-tank lain.

2. Kapasitas Besar - Tank Anoa banyak menuai pujian karena mampu mengangkut lebih banyak personel jika dibandingkan dengan kelas sejenis. Satu Tank Anoa dapat menampung 13 personel dan dilengkapi dengan pintu otomatis sehingga memudahkan pasukan untuk keluar.

3. Senjata Mematikan - Selain mampu bertempur di air dan menampung banyak personel, Tank Anoa ini juga memilki peluncur granat otomatis. Hal ini membuat tank amphibi itu garang di medan perang. Selain itu, tank canggih ini juga bisa dipasangi senapan otomatis yang dapat menambah variasi serangan di medan tempur.

4. Lincah dan Kuat - Dengan panjang 6 meter dan lebar 2,5 meter serta tinggi 2,75 meter, Tank Anoa ini memiliki berat yang cukup lumayan yakni 11 ton. Namun jangan salah sangka, tank yang mampu memikat dunia ini mampu bergerak cepat dan lincah baik di jalan mulus maupun berlumpur. Tank andalan Indonesia ini juga mampu menanjak hingga kemiringan 60 derajat sehingga sangat pas untuk medan berbukit-bukit. Selain itu, Tank Anoa ini juga mampu menahan serangan senapan mesin sehingga personel di dalamnya dapat berlindung dengan aman.

Bagaimana? Keren banget kan Kawan Jitu!

Pengacara Wiranto: Gugatan Kivlan Zen Penuh Kejanggalan

Halaman: 
Penulis : De Sukmono