logo


Tidak Dapat Jatah Kursi Menteri, Ini Jalan Politik yang Akan Ditempuh Demokrat

Tak dapat kursi menteri, bagaimana dengan arah politik Demokrat?

15 Agustus 2019 16:02 WIB

Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bersilaturahmi dengan Presiden Joko Widodo di istana Negara.
Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bersilaturahmi dengan Presiden Joko Widodo di istana Negara. Instagram @agusyudhoyono

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Nurhayati Ali Assegaf menegaskan, partainya akan tetap mendukung pemerintahan Joko Widodo atau Jokowi dan Ma'ruf Amin, meski partai berlambang Mercy itu tidak mendapatkan jatah kursi menteri.

"Untuk Demokrat saya kira bukan masalah menteri atau tidak menteri. Tapi ketika kita sudah menyatakan kita bersama pemerintah apapun keputusan pemerintah akan kita hargai khususnya presiden Jokowi selaku presiden terpilih ya hak prerogatif presiden," kata Nurhayati di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (15/8).

Sampai saat ini belum ada keputusan resmi apakah Demokrat mendukung Jokowi-Ma’ruf atau tidak. Keputusan itu akan dilakukan usai rapat majelis tinggi Demokrat yang dipimpin SBY.


Anies Gelar Upacara di Pulau Reklamasi, Demokrat: Bentuk Pengakuan Hasil Kerja Swasta

Nurhayati mengatakan, selama ini Demokrat tidak pernah menyodorkan kadernya untuk jadi menteri. Sehingga, lanjut dia, tak masalah jika Partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono itu tak dapat jatah menteri.

"Jadi kita bukan masalah kita dapat atau tidak dapat kursi, selama ini Demokrat tidak pernah menyodor-nyodorkan menteri juga," sambungnya.

Nurhayati juga menyoroti langkah Jokowi yang siap untuk mengumumkan calon menterinya bahkan sebelum dilantik sebagai presiden. Kata dia, Jokowi memiliki gaya kepemimpinan sendiri.

"Jadi misalnya Pak Jokowi sekarang mengatakan begitu. Tetapi saya yakin bahwa partai koalisi dan lain sebagainya itu pasti juga sering bertemu beliau kan jadi saya kira ini bukan gaya yang ini. Tapi ini gaya yang masing-masing presiden punya gaya tersendiri dan itu kita hargai," ucapnya.

Diketahui, teka teki siapa calon menteri untuk kabinet presiden Joko Widodo jilid II akan segera terungkap. Mengingat Jokowi telah berjanji segera mengumumkan nama-nama calon menteri yang ia pilih untuk membantunya di pemerintahan 2019-2024.

Setuju dengan Amendemen UUD 1945, Sandiaga Tak Ingin MPR Jadi Pusat Kekuasaan

Halaman: 
Penulis : Kesdik Bayu