logo


Ternyata Ini Alasan Anies 'Ngotot' Pengin Upacara HUT RI di Pulau Reklamasi

Upacara tanggal 17 Agustus akan dilaksanakan di pulau reklamasi, apa alasannya?

14 Agustus 2019 16:24 WIB

Anies Baswedan.
Anies Baswedan. Instagram @aniesbaswedan

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pelaksanaan upacara HUT ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia dikabarkan akan dilaksanakan di pulau reklamasi. Hal ini menimbulkan pro dan kontra di masyarakat, pasalnya pulau reklamasi dinilai sebagai tempat yang kontroversial.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkapkan alasannya. Dirinya memilih pulau reklamasi karena ingin menunjukkan bahwa kepemilikannya punya negara, bukan pribadi.

Baca juga: Sambangi Kantor Staf Presiden, Gerindra: Tidak Ada Tujuan Politik


Ganjil Genap Diperluas, Demokrat ke Anies Baswedan, "Kebijakan Pemalas"

"Untuk menyimbolkan (reklamasi) kepemilikannya adalah milik negara, bukan pribadi, maka kita adakan upacara di sana sebagai simbol tanah air kita," kata Anies dilansir dari CNN Indonesia, Rabu (14/8).

Anies menyebut selama ini pulau reklamasi cenderung tertutup bagi masyarakat. Bahkan kata Anies kawasan itu cenderung dikuasai oleh pihak swasta.

Karena itu, Anies berinisiatif melaksanakan upacara di pulau reklamasi, tepatnya kawasan Pantai Maju, Jakarta Utara.

"Dahulu lahan hasil reklamasi adalah wilayah tertutup bahkan media masuk ke sana tak bisa, dijaga ketat, seakan-akan milik pribadi dan milik swasta. Kemudian kita ubah jadi kawasan terbuka milik RI, yang seluruh warga negara bisa masuk kawasan itu," tegas dia.

Upacara yang akan diselenggarakan ini, lanjut Anies, juga sebagai pesan bahwa pulau reklamasi bukan pemilik perseorangan. Siapapun masyarakat bisa masuk ke tanah reklamasi tanpa harus ada penjagaan ketat.

"Kita selenggarakan peringatan tanah air kita ini di hasil tanah yang dulunya dikuasai dan tertutup oleh swasta, sebagai pesan tak ada wilayah eksklusif tertutup," ujar Anies.

"Milik kami dan RI, maka kita selenggarakan upacara bendera di tempat itu, menandai tanah itu di bawah kibaran merah putih," terangnya.

Tuding Anies Baswedan Plin-plan, Adian Napitupulu: Bagaimana Dia Konsisten dalam Tindakan?

Halaman: 
Penulis : Kesdik Bayu