logo


Selain Baik untuk Kulit, Buah Satu Ini Bisa Obati Kanker Hingga Jantung Koroner, Penasaran?

Kira-kira apa ya?

13 Agustus 2019 13:33 WIB

Ilustrasi - internet
Ilustrasi - internet
dibaca 1565 x

Matoa, buah khas Indonesia memiliki beberapa kandungan zat gizi yang cukup penting bagi tubuh, yang terdiri dari beberapa senyawa penting. Seluruh kandungan zat yang ada di dalam matoa memiliki manfaat bagi kesehatan dan kecantikan.

Ada beberapa manfaat buah matoa bagi kesehatan dan kecantikan yang tidak bisa Anda abaikan. Berikut ini adalah beberapa manfaat buah matoa bagi kecantikan dan kesehatan:

Baca Juga: Terkena Serangan Jantung? Tenang, Lakukan Aktivitas Menyenangkan Ini Agar Panjang Umur


Benarkah Konsumsi Makanan Dipanggang Bisa Sebabkan Kanker? Simak Fakta Sebenarnya!

1. Menekan pertumbuhan bakteri

Telah terbukti secara ilmiah adalah bisa menekan pertumbuhan bakteri di dalam tubuh. Ada dua senyawa utama yang berperan dalam hal ini adalah saponin dan tanin.

Senyawa saponin memiliki sifat antimikroba karena bisa menghambat pertumbuhan koloni bakteri Staphylococcus aureus dan Escherichia coli.

Sementara itu, senyawa tanin bisa menekan pertumbuhan bakteri dengan cara menghambat enzim dan dna yang sangat penting bagi bakteri. Akibatnya, pembentukan sel bakteri terganggau. Selain itu, tanin juga bisa membuat sel bakteri menjadi lisis karena mengganggu transport protein pada lapisan dalam sel bakteri.

Soal Pelumbang Gelap di Kubu Prabowo, PDIP: Saat Ini Tengah Cari Tumpangan Baru

2. Mengatasi kanker

Tanpa disadari, berbagai radikal bebas masuk ke tubuh bersama makanan dan minuman yang dikonsumsi. Udara yang dihirup pun juga bisa membawa masuk beberapa radikal bebas yang bisa menurunkan dan membahayakan kesehatan tubuh.

ilustrasi

Hal ini bisa diatasi dengan mengonsumsi asupan yang mengandung antioksidan. Salah satu buah yang mengandung antioksidan adalah buah matoa. Kandungan antioksidan di dalam buah matoa memiliki manfaat penting.

Antioksidan di dalam matoa dapat menangkal berbagai radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Hal ini bisa mencegah beberapa penyakit kanker yang hampir berkembang di dalam tubuh. Tubuh Anda pun bisa terhindar dari penyakit kanker.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Buah matoa juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Manfaat buah matoa yang satu ini tak lepas dari kandungan antioksidan yang ada di dalamnya. Penangkalan radikal bebas yang dilakukan oleh antioksidan tak hanya mencegah kanker saja.

Akan tetapi, sistem kekebalan tubuh akan meningkat jika berbagai radikal bebas bisa dibuang dari tubuh. Beberapa penyakit pun dapat dicegah sebelum terjadi sehingga ini bisa membuat tubuh Anda lebih sehat dan prima.

4. Mengatasi jantung koroner

Buah matoa perlu dikonsumsi terutama bagi Anda yang memiliki risiko penyakit jantung. Hal ini dikarenakan buah matoa juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan jantung. Manfaat buah matoa bisa mengatasi jantung koroner.

Pede Cak Imin Terpilih Kembali Jadi Ketum PKB, Maman: Faktor Cak Imin Itu Sangat Penting

5. Mengatasi stres

Anda sering merasa stres? Janganlah dibiarkan, karena bisa menghambat tingkat produktivitas Anda. Jika stres maka konsumsilah buah matoa karena buah matoa bisa mengurangi stres yang sedang Anda alami.

6. Mencegah munculnya jerawat

Buah matoa juga bisa mencegah munculnya jerawat. Sebagaimana yang telah diketahui bahwa jerawat disebabkan oleh bakteri yang ada di kulit wajah.

Pengonsumsian buah matoa secara rutin dapat mencegah munculnya jerawat. Bagi Anda yang berjerawat, mengonsumsi buah matoa juga bisa mengurangi jerawat secara perlahan hingga wajah menjadi bersih.

ilustrasi

7. Melembabkan kulit

Buah matoa tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh saja melainkan juga bagi kecantikan. Manfaat buah matoa dapat melembabkan kulit jika dikonsumsi secara teratur. Kulit tubuh akan menjadi lebih lembab dan sehat sehingga nampak lebih indah.

8. Mencerahkan kulit

Hampir semua wanita ingin memiliki kulit yang cerah dan bercahaya. Apabila Anda ingin memiliki kulit yang cerah maka konsumsilah buah matoa. Buah matoa bisa membuat kulit Anda lebih cerah dan bercahaya.

Punya Impian AHY vs Prabowo di 2024, Netizen ke Ferdinand, "Paranormal Baru Tak Lolos..."

9. Melindungi kulit dari sinar UV

Paparan sinar matahari tidak dapat dielakkan lagi. Semua orang akan terkena paparan sinar UV dari matahari. Akan tetapi, ada solusi untuk ini yaitu dengan memakan matoa. Manfaat buah matoa bisa melindungi kulit dari paparan sinar UV.

10. Meningkatkan kesehatan tubuh

Buah matoa yang dikonsumsi secara rutin akan membawa dampak positif bagi kesehatan tubuh. Tubuh akan menjadi lebih sehat karena beberapa penyakit bisa dihindari dan kesehatan semakin baik.

11. Mempercantik keindahan kulit

Tak hanya menyehatkan, manfaat buah matoa juga bisa mempercantik terutama kecantikan keindahan kulit. Dengan mengonsumsi buah matoa maka kulit tubuh yang Anda miliki akan terlihat lebih cantik dan indah.

 

Ditulis oleh: Rizky Pratama

*Tulisan ini adalah 'Suara Kita' kiriman dari pembaca. Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap isi, foto maupun dampak yang timbul dari tulisan ini. Mulai menulis sekarang.

Memasak dengan Microwave Bisa Sebabkan Kanker? Berikut Faktanya!

Halaman: 
Admin : Nugroho Meidinata