logo


Sebut UMKM Jadi Penopang Ekonomi Nasional, Kemenkop: Inilah Tugas dan Tantangan Kita Semua

Simak berita selengkapnya

12 Agustus 2019 21:47 WIB

Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM, Prof Rully Indrawan
Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM, Prof Rully Indrawan Jitunews/Khairul

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM, Prof Rully Indrawan menegaskan bahwa salah satu penopang ekonomi nasional adalah geliat dan kiprah UMKM.

“Ekonomi bangsa ini secara signifikan di-support UMKM. Jumlah UMKM kita saat ini sekitar 99% dengan kontribusi terhadap PDB Nasional sebesar 60%. Begitu juga dengan penyerapan tenaga kerja yang begitu besar," ujar Prof Rully saat membuka Hari UMKM Nasional 2019 di Jakarta, Senin (12/8).

Baca Juga: Tinjau Langsung Proyek Bendungan di Bogor, Menteri Basuki Beri Himbauan, "Saya Minta..."


Setelah Vakum 10 Tahun, Inkopti Adakan RALB

Di depan ratusan pelaku UMKM, Prof Rully menandaskan bahwa pihaknya akan terus mendorong program strategis dalam mengembangkan kinerja UMKM di Indonesia.

"Kita terus melakukan pameran-pameran produk unggulan UMKM, baik dalam negeri maupun di luar negeri. Tujuannya, agar produk UMKM kita bisa diterima pasar dengan baik hingga menembus pasar mancanegara," katanya.

Prof Rully  menyebutkan bahwa pemerintah sudah menurunkan pajak bagi UMKM. Sayangnya, peran pembiayaan dari lembaga keuangan formal masih dirasa kurang bagi pengembangan UMKM di Indonesia. Terbukti, hingga saat ini, baru sekitar 19% saja pelaku UMKM yang menikmati jasa pembiayaan dari lembaga keuangan.

Jelang Sidang Tahunan MPR, Iskan Qolba Lubis Minta Presiden Memberi.....

“Inilah yang terus menjadi tugas dan tantangan kita semua, dalam mendongkrak share pembiayaan bagi UMKM," tuturnya.

Dalam hal ini, Prof Rully mengatakan kinerja UMKM terus beranjak naik, meski peran lembaga keuangan masih lemah. Hal itu mengandung arti selama ini UMKM berjalan dan meningkat secara alami.

“Padahal, sejatinya, UMKM bisa berkembang dengan dukungan pembiayaan yang kuat,” pungkasnya.

Kemenkop dan UKM Dorong Perkembangan Koperasi di Sukabumi

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Nugroho Meidinata