logo


Ingin Pengalaman Beda? Yuk Kunjungi 5 Masjid Unik Berikut!

Masjid apa sajakah itu?

12 Agustus 2019 19:19 WIB

Masjid terapung Amirul Mukminin di Makassar
Masjid terapung Amirul Mukminin di Makassar IDN Times

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Tak hanya sebagai tempat ibadah umat Islam, masjid ternyata juga bisa dijadikan objek wisata religi.

Beberapa masjid di tanah air pun tercatat memiliki banyak keunikan seperti arsitektur, sejarah, hingga budaya.

Baca juga: Bahaya! 3 Cedera Ini Bisa Membuat Pria Kehilangan...


Dikenal Sebagai Tetangga Dekat, Berikut Perbandingan Militer Malaysia dan Thailand!

Nah, tertarik untuk wisata masjid? Yuk catat masjid-masjid berikut!

1. Masjid Agung Jawa Tengah - Masjid ini adalah salah satu masjid terbesar di Jawa Tengah. Letaknya di pusat Kota Semarang dan banyak dikunjungi wisatawan setiap harinya.

Selain mampu menampung ribuan jemaah, masjid yang diresmikan tahun 2006 ini juga memiliki 6 payung raksasa setinggi 20 meter dengan diameter 14 meter.

2. Masjid Tiban, Malang - Kalau lagi berwisata ke Jawa Timur, jangan lupa mampir ke Masjid Tiban Malang. Konon, masjid ini katanya dibangun dengan bantuan jin. Banyak masyarakat sekitar kaget karena masjid unik ini tiba-tiba sudah menjulang tinggi.

Di sini, Kawan Jitu bisa menikmati arsitektur yang unik dan ruangan-ruangan khusus yang terkesan "adem" di hati. Banyak orang memanfaatkan ruangan khusus tersebut untuk berdzikir. Lokasi masjid unik ini sendiri adalah di Turen, Malang, Jawa Timur.

3. Masjid Al Hikmah, Bali - Masjid ini sekilas mirip pura. Tapi jangan salah, bangunan tua ini ternyata Masjid Al Hikmah. Berlokasi di Jalan Soka, Kota Denpasar, Masjid Al Hikmah sengaja mempertahankan arsitektur khas Bali sebagai cermin kerukukan umat beragama.

Di sini, Kawan Jitu bisa berwisata religi sekaligus wisata budaya. Keren kan?

4. Masjid Amirul Mukminin, Makasar - Lebih ke timur lagi ada Masjid Amirul Mukminin. Masjid yang diresmikan Jusuf Kalla ini terkenal sebagai masjid terapung. Kawan Jitu dapat menikmati indahnya matahari terbenam di sore hari sekaligus salat maghrib di masjid terapung ini.

5. Masjid Wertuer, Papua - Kalau berkunjung ke Papua, jangan lupa menikmati keunikan Masjid Wertuer. Tahu tidak kalau masjid ini adalah masjid tertua di Papua, Kawan Jitu?

Selain alam sekitar yang masih asri nan sejuk, masjid ini memiliki arsitektur unik. Warna yang dipakai pun menunjukkan semangat Papua; merah, kuning, dan hijau.

Baca juga: Bahaya! 3 Cedera Ini Bisa Membuat Pria Kehilangan...

Wah, keren juga ya Kawan Jitu!

Inilah 3 Payudara yang "Boleh" Diremas Pria! Salah Satunya Milik...

Halaman: 
Penulis : De Sukmono