logo


Pakar Sebut Taruna Akmil Enzo Adalah Aset Istimewa

Enzo Zenz Allie diisukan terpapar paham radikalisme dan diduga jadi simpatisan HTI

12 Agustus 2019 14:28 WIB

Enzo Zenz Allie
Enzo Zenz Allie Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Calon taruna Akademi Militer (Militer) berdarah Prancis Enzo Zenz Allie tengah menjadi sorotan publik. Pasalnya, Enzo Zenz Allie diisukan terpapar paham radikalisme dan diduga jadi simpatisan organisasi Hizbut Tahrir Indonesia (HTI).

Pakar hukum Pidana dari Universitas Bung Karno (UBK), Azmi Syahputra, mengimbau agar pro kontra Enzo Zenz Allie tidak perlu dibesar-besarkan. Hal ini dikarenan institusi TNI sudah memiliki standar baku terkait seleksi calon taruna Akmil.

"Kita harus percayakan sama TNI. Tentang adanya polemik terkait masuknya Enzo ke Akmil sebaiknya tak perlu dibesar-besarkan. Sebab faktanya Enzo sudah lolos 9 fase penyaringan ketat dan terukur sehingga layak menjadi calon salah satu taruna," ujar Azmi di Jakarta, Senin (12/8).


TNI Ajak Anak-anak Main Permainan Tradisional Lagi

Ketua Asosiasi Ilmuwan dan Praktisi Hukum Indonesia (Alpha) ini menyarankan agar masyarakat tak gampang menghakimi seseorang dengan opini.

"Sebaiknya bertabayun terlebih dahulu. Jangan terlalu mudah untuk melabeli anak seusia Enzo terpapar ideologi radikal hanya berdasarkan foto. Apalagi itu foto atau rekam digitalnya di saat usia dan perkembangan jiwanya (Enzo) belum matang, dimana pada waktu remaja anak usia muda cenderung ada rasa euforia mencari identitas diri, jati diri yang kadang kurang tepat dan bisa jadi itu ketidaktahuannya, ia belum mengerti jadi hal ini gak bisa dengan mudah dikatakan itu ideologi," tegasnya.

Seorang Taruna Diduga Pendukung HTI, Fahri: Habis #BersihDiriPKI Terbitlah #TerpaparHTI

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Aurora Denata