logo


Bukan Sekadar Aksesoris, Ini Fungsi Penting Sarung Tangan Saat Berkendara

Sebenarnya apasih pentingnya menggunakan sarung tangan saat berkendara?

12 Agustus 2019 11:46 WIB

ilustrasi
ilustrasi
dibaca 168 x

Menggunakan sarung tangan saat berkendara merupakan salah satu hal yang tidak terlalu diperhatikan oleh beberapa pengendara motor. Sebenarnya apasih pentingnya menggunakan sarung tangan saat berkendara?

Sama halnya seperti menggunakan helm yang dianggap terlihat 'cupu' saat digunakan ketika berkendara, mungkin beberapa orang masih berpikir demikian. Tapi dibalik itu semua sebenarnya mengenakan sarung tangan saat berkendara memiliki berbagai manfaat, Simak ulasan berikut.

1.  Menghindari luka tangan saat kecelakaan


Public Figure ini Luncurkan Aplikasi, Untuk Apa Yah?

ilustrasi

Mengenakan sarung tangan dapat mengurangi resiko tangan terluka saat terjadi kecelakaan. Walaupun Kita tidak mau dan tidak tahu kapan hal tersebut terjadi. Paling tidak ada upaya untuk melindungi tangan dari goresan aspal, tanah atau batuan tergantung dari jalur yang kita lalui.

2. Terhindar dari cuaca ekstrem

Hal ini sangatlah membantu, tidak terbakar teriknya matahari di siang hari dan menggigil dingin saat malam hari. Hal tersebut dapat memicu kecelakaan pula, karena banyak pengendara motor menyetir motor dengan membalikkan tangan (telapak menghadap ke atas) untuk menghindari matahari agar tidak hitam. Ini cukup berbahaya.]

Di samping itu, akan membuat bingung juga untuk menarik gas atau melepas gas karena posisi tangan berubah. Lebih mudah jika memakai sarung tangan tanpa harus menyetir dengan posisi tangan terbalik.

3. Menunjang penampilan

ilustrasi

Untuk mereka yang menggemari bidang fashion, sudah tak aneh lagi ketika mengenakan sarung tangan ketika berkendara. Bahkan mereka biasanya cenderung memilih warna yang serasi dengan motor atau bahkan dengan aksesori yang lainnya juga. Jika semua warna sama, maka itu akan menambah penampilan Anda jadi lebih keren.

4.  Mengurangi getaran motor

Sarung tangan juga mampu untuk mengurangi getaran dari stang motor serta menekan volume keringat pada telapak tangan. Sebab jika keringat di telapak tangan berlebih akan dapat mengakibatkan tergelincir dari stang dan berujung pada kecelakaan.

Ditulis oleh: Rizky Pratama

*Tulisan ini adalah 'Suara Kita' kiriman dari pembaca. Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap isi, foto maupun dampak yang timbul dari tulisan ini. Mulai menulis sekarang.

5 Makanan Khas Jakarta yang Terkenal Akan Cita Rasanya yang Lezat

Halaman: 
Admin : Kesdik Bayu