logo


Ternyata Begini Cara Memasak Daging Kambing Agar Empuk dan Tidak Bau

Bagaimana caranya?

11 Agustus 2019 09:02 WIB

DAGING BABI
DAGING BABI INSTAGRAM

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Saat Iduladha biasanya ada daging baik sapi, atau kambing. Saat memasak daging kambing biasanya ini yang suka bikin kamu deg-degan, takut daging bau prengus.

Padahal, ada kiat mengolah daging kambing agar empuk dan tidak bau, sehingga dapat dinikmati tanpa menimbulkan gangguan.

1. Cuci daging kambing kemudian tiriskan/keringkan. Tumbuk kunyit, jahe, dan bawang putih hingga halus. Oleskan bumbu halus ini ke daging kambing yang telah dikeringkan. Diamkanlah selama 30-40 menit kemudian cuci kembali.


Marak Lahma, Sop Daging Kambing ala Arab yang Cocok Dijadikan Menu Saat Idul Adha

2. Haluskan kunyit, jahe, dan bawang putih dan rebuslah daging kambing selama 30 menit bersama campuran bumbu ini. Tambahkan kecap manis dan garam secukupnya selama merebus. Jika ingin daging lebih empuk, rebus sampai 60 menit.

Cara yang sama bisa diterapkan untuk jeroan. Rebuslah jeroan sampai keluar buih-buih putih. Ambil buih yang mengumpul di permukaan itu lalu buang sampai habis.

Sebagian perempuan yang bekerja di balik meja sudah berkeluarga, sehingga padatnya aktivitas yang harus diurusi membuat tubuh.

3. Sebelum memasak, bungkuslah daging kambing dengan daun pepaya dan buah nanas. Daun pepaya membantu membuat daging menjadi empuk setelah matang. Sementara itu, nanas berfungsi untuk menghilangkan bau prengus (bisa juga diganti perasan jeruk nipis atau jeruk limau).

4. Bumbu dapur atau rempah-rempah yang beraroma kuat juga dapat membantu menyamarkan bau prengus. Contohnya, kapulaga, kayu manis, cengkeh, dan sejenisnya. Tidak hanya menghilangkan bau kambing, rempah-rempah itu juga dapat membuat rasa makanan menjadi lebih nikmat.

Cara lain agar daging kambing empuk dengan daun pepaya:

1. Gunakan daun pepaya. Remas-remas daun pepaya kemudian balurkan ke dalam daging.

2. Tunggu proses baluran daun pepaya dengan daging kambing kurang lebih setengah sampai satu jam.

3. Sebaiknya tak menggunakan nanas karena rasa kuat dari nanas bisa jadi mengalahkan rasa daging.

Human Initiative Distribusikan Qurban ke Berbagai Daerah Pelosok dan Bencana

Halaman: 
Penulis : Kesdik Bayu