logo


Guna Wujudkan Akses Rumah Layak Huni, Kementerian PUPR Keluarkan 3 Jurus Jitu

Simak berita selengkapnya

10 Agustus 2019 08:07 WIB

Perumahan yang akan dibangun dan disiapkan untuk ASN, TNI dan Polri adalah Perumahan Bhayangkara Praja Sriwijaya (BPS) Land di Kota Palembang.
Perumahan yang akan dibangun dan disiapkan untuk ASN, TNI dan Polri adalah Perumahan Bhayangkara Praja Sriwijaya (BPS) Land di Kota Palembang. Dok. KemenPUPR

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Sebagai komitmen memberikan rumah layak huni untuk masyarakat, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Dirjen Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan (PIPUP), Eko Djoeli Heripoerwanto akan memperluas akses masyarakat terhadap rumah layak huni dan terjangkau.

Salah satunya dengan meningkatkan daya beli masyarakat melalui dukungan pembiayaan perumahan. Adapun terdiri dari, pelaksanaan Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera), Bantuan Pembiayaan Rumah, dan mengajak pihak swasta dalam penyediaan rumah bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) dengan skeman Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

Baca Juga: Kementerian ATR dan Kepolisian Kerjasama Berantas Mafia Tanah, Ini Bukti-buktinya


Adakan Diklat Bela Negara Bagi CPNS Kementerian PUPR, BPSDM Sebut Sebagai Pemersatu

Tanggapi Pernyataan Megawati, NasDem Akui Emosi, "yang Dukung Jokowi Bukan Hanya PDIP"

Eko mengatakan Badan Pengelola  (BP) Tapera sudah terbentuk sejak Maret 2019. Dan saat ini BP Tapera telah menyiapkan kebijakan umum dan strategis untuk mendukung program tersebut.

"Nantinya semua jenis bantuan pembiayaan terkait perumahan akan dilaksanakan oleh BP Tapera. Masa transisi untuk  ASN, karena salah satu tulang punggung Tapera adalah Bapertarum makan pelaksanaan Tapera bagi ASN diberi waktu dua tahun, sementara untuk non-ASN adalah tujuh tahun." ujar Eko Heri dalam keterangan tertulisnya yang diterima Jitunews (10/8).

Selain itu, pemerintah juga memberikan subsidi rumah bagi MBR melalui program Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP), Subsidi Selisih Bunga (SSB), Subsidi Bantuan Uang Muka (SBUM), dan Bantuan Pembiayaan Perumahan Berbasis Perumahan (BP2BT).

Kementerian PUPR Bangun Bendungan Sidan yang Akan Jadi Destinasi Wisata Dunia

Halaman: 
Penulis : Nugroho Meidinata