logo


Kementerian PUPR Bangun Bendungan Sidan yang Akan Jadi Destinasi Wisata Dunia

Simak berita selengkapnya

10 Agustus 2019 07:06 WIB

Pembanguna Bendungan Sidan
Pembanguna Bendungan Sidan ist

BALI, JITUNNEWS.COM - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sedang membangun Bendungan Sidan di Kabupaten Badung, Bali. Di mana bendungan ini akan menjadi salah satu destinasi wisata dunia.

Bendungan ini dikerjakan langsung oleh Balai Wilayah Sungai Bali-Penida Ditjen Sumber Daya Air di mana bekerjasama dengan PT. Brantas Abipraya (Persero) - PT Universal Suryaprima.


Tinjau Desa Wisata, Kementerian PUPR Berencana Revitalisasi Rumah Adat di Kampung Ulos Samosir

Baca Juga: Heboh Isu PHK Massal, Ini Penjelasan dari Net TV, "Kita Lakukan Efisiensi"

Hadiri Kongres PDIP, Novel Kritik Pedas Prabowo, "Semog Masih Punya Hati Nurani"

Hal tersebut dibenarkan oleh Kepaa Pusat Bendungan, Ditjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR, Ni Made Sumiarsih. "Pembangunan Bendungan Sidan akan memberikan manfaat bagi konservasi air, pariwisata, dan yang paling utama adalah penyediaan air baku sebesar 1,75 m3/detik, dan juga memiliki potensi sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTM) yang nantinya dikoordinasikan dengan pihak PLN," ujar Ni Made dalam keterangan tertulisnya yang diterima Jitunews (10/8).

Sebagai informasi, Bendungan Sidan merupakan bendungan dengan tipe zonel dengan inti tegak memiliki panjang pucak 158 meter serta lebar puncak 8,5 meter. Untuk sumber airnya berasal dari Sungai Ayung.

Hebatnya, bendungan ini dilengkapi dengan terowongan pengelak sepanjang 555 meter dengan diameter 5 meter untuk pengendali banjir.

Adakan Diklat Bela Negara Bagi CPNS Kementerian PUPR, BPSDM Sebut Sebagai Pemersatu

Halaman: 
Penulis : Nugroho Meidinata