logo


Peringatan untuk Para Wanita! Ini Bahayanya Minum Kopi

Kandungan kafein yang terlalu banyak dikonsumsi akan berakibat buruk bagi kesehatan

9 Agustus 2019 16:30 WIB

Minum Kopi di Pagi Hari
Minum Kopi di Pagi Hari INSTAGRAM

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Minum kopi seolah menjadi kewajiban banyak orang. Banyak yang merasa menjadi lebih semangat setelah minum kopi.

Meski begitu, kamu jangan berlebihan minum kopinya ya girls. Nyatanya, kandungan kafein yang terlalu banyak dikonsumsi akan berakibat buruk bagi kesehatan kamu.

Apa saja?


Sering Dibuang, Padahal Serat Putih pada Buah Jeruk Punya Banyak Manfaat

1. Tulang keropos

Kafein bisa mempengaruhi kesehatan tulang dengan cara menurunkan penyerapan kalsium dalam tubuh. Padahal, kalsium sangat dibutuhkan dalam pembentukan tulang.

Seorang wanita yang minum kopi bersamaan dengan susu atau sumber kalsium lainnya dapat mengalami tulang keropos lebih parah.

Menurut National Osteoporosis Foundation, wanita yang minum kopi lebih dari tiga cangkir per hari memiliki risiko terkena pengeroposan tulang.

2. Gangguan cemas dan panik

Terlalu banyak minum kopi berisiko menurunkan fokus hingga memicu gangguan psikologis. Kafein juga menimbulkan rasa cemas dan panik.

Seseorang setelah mengonsumsi kafein akan mengalami peningkatan frekuensi denyut nadi, dan ini bisa memengaruhi rasa panik.

3. Gangguan kognitif

Kopi disebut bisa menurunkan kemampuan kognitif pada wanita. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, wanita yang minum tiga cangkir kopi atau lebih per hari mengalami penurunan kognitif secara signifikan.

4. Gangguan kesuburan

Mengonsumsi kopi dua cangkir atau lebih per hari juga dikaitkan dengan terjadinya gangguan tuba fallopi dan endometriosis.

Endometriosis merupakan penyakit yang ditandai dengan tumbuhnya jaringan dari lapisan dalam dinding rahim di bagian luar rongga rahim. Kondisi ini bisa memengaruhi kesuburan pada wanita.

5. Keguguran

Mengonsumsi kafein lebih dari dua cangkir atau sebanyak 200 mg per hari pada ibu hamil bisa meningkatkan risiko keguguran hingga dua kali lipat dibandingkan wanita yang tidak mengonsumsi.

Usai Konsumsi Jeruk, Jangan Dibuang Kulitnya! Ternyata Ada Manfaatnya Lho

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata