logo


Apple Tak Lagi Rajai Pasar Smartphone, Posisinya Malah Diganti Brand China Ini

Belakangan, penjualan unit Apple makin loyo.

9 Agustus 2019 15:48 WIB

iPhone XR, iPhone XS, dan iPhone XS Max
iPhone XR, iPhone XS, dan iPhone XS Max Jitunews/Khairul Anwar

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Persaingan dunia teknologi, khususnya smartphone menjadi sangat ketat belakangan ini. Jika dulunya pasar dikuasai oleh Samsung dan iPhone, kini banyak terjadi pergeseran.

Perkembangan politik dan teknologi tampaknya ikut menentukan hasil persaingan itu, seperti perang dagang AS-China, serta produsen gadget di China yang makin agresif menguasai teknologi terbaru.

Baca juga: Dituding Bocorkan Data Pengguna ke Pengiklan, Twitter Beri Penjelasan


Catat! Ini Daftar Smartphone yang Kebagian Update EMUI 10

Sementara Apple ditinggal oleh kepala desainernya, Jony Ive, yang sudah bekerja selama 30 tahun sejak masih ada Steve Jobs. Kini, Apple kian tergerus oleh vendor smartphone lain.

Adalah Oppo yang kini menggeser posisi Apple dan menjadi vendor ponsel ketiga terbesar di dunia setelah Samsung dan Huawei.

Hal itu ditaksir berdasarkan laporan pangsa pasar smartphone global kuartal kedua (Q2) tahun 2019 yang dirilis oleh firma peneliti pasar, IHSMarkit.

Dalam laporan tersebut, pangsa pasar Apple kini tercatat hanya berkisar 11 persen, serupa dengan Oppo yang duduk di atasnya.

Kendati begitu, jumlah unit ponsel yang dikapalkan oleh Oppo dicatat lebih banyak 900.000 unit dibandingkan dengan Apple.

Di atas Oppo sendiri ada Huawei dengan pangsa pasar 18 persen dengan pengapalan ponsel 58,7 juta unit.

Baca juga: Bocoran Terbaru dari Google Pixel 4, Rajanya Smartphone Flagship

Sementara Samsung yang masih merajai pasaran smartphone global dengan market share 23 persen, dan tercatat telah mengkapalkan 75,1 juta unit ponsel

Penurunan performa Apple di ranah smartphone global ini, menurut para analis, disebabkan oleh pengguna iPhone yang tetap teguh menggunakan ponsel lama mereka (tidak membeli ponsel baru).

Harga iPhone yang mahal, serta maraknya program trade-in atau tukar tambah ponsel lama dengan ponsel baru, juga disebut berkontribusi pada minat pembeli.

Tayang 2020, Michelle Williams Terpilih Kembali di Venom 2

Halaman: 
Penulis : Kesdik Bayu