logo


Cek! Inilah Tips Merawat Tanaman agar Tumbuh Subur!

Berikut penjelasannya.

8 Agustus 2019 18:14 WIB

ilustrasi
ilustrasi
dibaca 2294 x

Tanggung jawab penuh dalam merawat tanaman di rumah tak jauh berbeda dengan merawat hewan peliharaan. Tanaman adalah makhluk hidup yang butuh pemeliharaan khusus walaupun tidak serepot seperti memelihara hewan.

Kebanyakan orang mengeluh jika gagal merawat tanaman, layu, tidak tumbuh subur atau mati. Di samping itu, seperti terserang hama atau salah memberi nutrisi pada tanaman menjadi salah satu penyebab gagalnya merawat tanaman.

Berikut beberapa tips sukses merawat tanaman di rumah supaya tak salah langkah, dan juga agar tanaman kamu tumbuh secara optimal.


Yuk, Tanam Bunga Kenanga Nun Kaya Manfaat

1. Menjaga Kebersihan

ilustrasi

Cara yang sederhana tetapi harus dilakukan dengan telaten. Seiring waktu, debu-debu yang berterbangan akan menempel pada daun dan menyebabkan pori-pori tersumbat. Pastikan kamu membersihkannya dengan cara mengelap menggunakan kain basah. Cabut rumput liar di sekitar pot dan hindari membuang sampah di sekitar tanaman.

2. Mendapatkan Cahaya Matahari yang Cukup

ilustrasi

Fotosintesis memerlukan cahaya dalam prosesnya. Walaupun ada beberapa jenis tumbuhan yang tidak terlalu banyak membutuhkan sinar matahari, tetap saja kamu harus membiarkan tanaman kesayanganmu mendapat cahaya maksimal selama 4 jam sehari.

3. Perhatikan Jenis Tanah

ilustrasi

Salah satu komponen yang penting agar tanaman tumbuh subur adalah tanah yang mengandung banyak humus atau dengan kata lain gembur. Hindari tekstur tanah yang kering dan keras untuk menanam tumbuhan.

4. Jangan Terlalu Sering Menyirami Tanaman

ilustrasi

Hal pertama yang orang lakukan saat baru memiliki tanaman adalah menyiraminya terlalu sering. Pagi dan malam hari adalah waktu yang tepat untuk menyiram tanaman agar akarnya tidak busuk. Selain itu, semua bagian tumbuhan harus terkena air dengan merata.

5. Gunakan Bahan Alami

ilustrasi

Gunakan pupuk yang berasal dari kotoran binatang atau sampah sisa makanan yang lebih ramah untuk tanah. Selain bisa didapatkan dengan harga yang murah, pupuk organik mengandung asam-asam organik, yaitu humic, asam fulfic, hormon dan enzim yang bagus untuk tanaman maupun lingkungan dan mikroorganisme.

6. Waspada terhadap Hama

ilustrasi

Musuh utama dalam merawat tanaman adalah hama. Salah satu akibatnya, daun akan berlubang dan membusuk. Sebelum mengalaminya, kamu bisa menyemprotkan pestisida secara berkala dan melakukan rotasi penanaman.

Bukanlah perkara yang sulit dalam merawat tanaman agar tumbuh sempurna. Namun, hal tersebut juga tidak boleh kamu anggap sebagai hal enteng. Diperlukan pemahaman yang baik dan benar terkait tanaman yang dipelihara di rumah karena mereka memiliki aturan masing-masing dalam cara merawatnya.

Ditulis oleh: Rizky Pratama

*Tulisan ini adalah 'Suara Kita' kiriman dari pembaca. Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap isi, foto maupun dampak yang timbul dari tulisan ini. Mulai menulis sekarang.

Gampang, Lakukan Cara Ini Agar Pohon Mangga Tumbuh Subur dan Berbuah Lebat!

Halaman: 
Admin : De Sukmono