logo


Warga Desa Sungai Bemban Pertanyakan Izin Tambang Galian C

Kegiatan galian C ini tertutup dan sebelum beraktivitas juga tidak ada sosialisasi kepada warga

8 Agustus 2019 13:27 WIB

Lahan tambang galian C di RT 14 RW 04 Desa Sungai Bemban, Kecamatan kubu, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat
Lahan tambang galian C di RT 14 RW 04 Desa Sungai Bemban, Kecamatan kubu, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat Jitunews/Ngadri

Lebih lanjut, Samsuri mengatakan selama 5 bulan galian C beraktivitas warga disekitar lokasi galian C belum pernah dimintai surat gangguan lingkungan. Begitu juga dengan aparat desa seperti RT dan kepala desa.

Sementara itu, Ketua RT 14 RW 04 ketika dikonfirmasi oleh media membenarkan bahwa sejak adanya aktivitas galian C ia belum pernah dimintai surat ijin gangguan dan surat yang lainnya. Selain itu, investor galian C sejak beraktivitas juga tidak pernah menunjukkan legalitas pendukung kegiatan galian C.

"Waktu mau aktivitas memang ada memberi tahu tapi melalui lisan, kalau mengenai ijin belum pernah ditunjukkan. Ada informasi ijinnya menggunakan koperasi Anugerah, PT. Namun itu hanya informasi karena tidak pernah diperlihatkan,"ujarnya.


Harga Batu Bara Kalori Tinggi Menurun, PT Bukit Asam Tetap Pertahankan Target Produksi

Sementara itu, petugas Dinas DMPT SP Provinsi Kalbar Rija Sumantri, bidang Fo ketika dikonfirmasi oleh media ini terkait perijinan tambang galian C tanah kuning di Desa Sungai Bemban. Ia belum bisa memberikan klarifikasi, dan meminta kepada media untuk menyampaikan surat secara resmi kepada DMPT SP.,

"Silahkan bapak kirim surat ke kantor kami nanti kita berikan klarifikasi,"pungkasnya.

Kapolsek Sektor Kubu Iptu Saragih kepada media mengatakan, akan mengecek aktivitas tambang galian C tanah kuning di Desa Sungai Bemban Barat.

"Terima kasih informasinya, nanti kami cek lokasi tambang tersebut," ungkap Kapolsek.

Jalankan Restrukturisasi, Krakatau Steel Ingin Kinerja Kembali Sehat

Halaman: 
Penulis : Ngadri, Aurora Denata