logo


Sering Dibuang, Padahal Serat Putih pada Buah Jeruk Punya Banyak Manfaat

Serabut putih ini berfungsi sebagai pelindung dalam buah jeruk yang juga dikenal dengan nama albedo dan punya banyak manfaat bagi kesehatan.

8 Agustus 2019 10:54 WIB

Jeruk super nova ini terbilang cukup menarik karena tidak berbiji, manis dan asam, beraroma, dan berwarna oranye gelap.
Jeruk super nova ini terbilang cukup menarik karena tidak berbiji, manis dan asam, beraroma, dan berwarna oranye gelap. iStock

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Salah satu jenis buah-buahan yang sering kali difavoritkan oleh banyak orang adalah jeruk. Selain karena sebagai sumber vitamin C, kandungan vitamin yang dimiliki jeruk membuatnya kerap dijadikan buah tangan saat menjenguk orang sakit.

Sebagian orang mungkin akan memilih untuk mengupas kulit jeruk sampai benar-benar bersih. Termasuk membersihkan serabut-serabut putih yang terdapat pada buah jeruk. Padahal serabut-serabut putih tersebut juga berkhasiat bagi tubuh lho. Serabut putih ini berfungsi sebagai pelindung dalam buah jeruk yang juga dikenal dengan nama albedo.

Baca juga: Jangan Coba-coba Minum Susu Setelah Makan Makanan Ini, Bahaya!


Penyebab Sperma Jadi Encer yang Sering Disepelekan Banyak Lelaki

Apa sajakah manfaat serabut putih pada jeruk? Yuk simak penjelasannya di bawah ini seperti dilansir Jitunews dari CNNIndonesia.

1. Sumber serat

Buah-buahan termasuk jeruk adalah sumber serat untuk tubuh. Namun dikutip dari Live Science, serat pada buah jeruk tidak berada pada seluruh bagian buah. Sumber serat justru terdapat pada serabut putih.

Kamu akan mendapat manfaat berupa serat jika jeruk dikonsumsi bersama serabut putihnya. Membuang serabut ini akan mengurangi kandungan serat hingga 30 persen.

Serabut putih ini sebenarnya mengandung pektin. Pektin bermanfaat untuk mengobati diare dan mengontrol kadar kolesterol darah.

2. Sumber vitamin C

Jeruk dikenal kaya akan vitamin C. Dikutip dari The Health Side, kandungan vitamin C pada daging buah sama dengan vitamin C pada serabut putih. Otomatis konsumsi daging buah bersama serabut putihnya akan menambah asupan vitamin C untuk tubuh.

"Vitamin C pada jeruk berhubungan dengan penurunan risiko kanker kolon karena mencegah mutasi DNA mengambil alih," kata Laura Flores, ahli gizi yang berbasis di San Diego, California.

3. Kaya antioksidan

Salah satu jenis antioksidan, flavonoid, banyak terkandung pada serabut putih jeruk. Kandungan ini memberikan peningkatan sistem imun tubuh, anti inflamasi atau peradangan dan antimikrobial.

Kandungan vitamin C dan beta cryptoxanthin sebagai bentuk antioksidan berguna untuk melawan penyakit peradangan sendi. Berdasarkan studi pada 2005, konsumsi satu gelas perasan jeruk segar per hari dapat melawan peradangan sendi.

Jadi, saat makan jeruk sebaiknya jangan buang serabut putih tersebut hingga bersih untuk jaga keutuhan zat gizi dari buah jeruk.

Jangan Coba-coba Minum Susu Setelah Makan Makanan Ini, Bahaya!

Halaman: 
Penulis : Kesdik Bayu