logo


Hadir di Pemakaman Mbah Moen, Habib Rizeq Malah Salah Makam

"Awalnya di liang yang salah lalu merangsek ke kerumunan liang lahad Mbah Moen. Aneh mereka ini."

8 Agustus 2019 10:02 WIB

Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Syihab.
Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Syihab. Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Duta Besar RI untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel menceritakan detik-detik proses pemakaman ulama kharismatik Nahdlatul Ulama KH Maimun Zubair atau Mbah Moen di Makkah. Dia mengatakan pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab ikut hadir di lokasi, namun berada di liang lahad yang salah.

Hal ini mengklarifikasi terkait video yang merekam aktivitas Rizieq di atas sebuah liang. Di tengah kerumunan, Rizieq berdoa ketika keranda dengan kain penutup kafan berwarna biru datang. Sekretaris Jenderal FPI Munarman pun memastikan di video itu Rizieq sedang memimpin doa di pemakaman Mbah Moen.

Saat dikonfirmasi, Agus yang berada di lokasi melihat Rizieq memang hadir di pemakaman. Namun menurutnya, Rizieq berdiri di liang yang salah. Agus menuturkan saat itu Rizieq kemudian pindah tempat dan masuk ke tengah kerumunan ketika menyadarinya.


FPI Kenang Mbah Moen Sebagai Sosok yang Merangkul, Netizen: Kenapa Gak Contoh Mbah Moen??

"Awalnya di liang yang salah lalu merangsek ke kerumunan liang lahad Mbah Moen. Aneh mereka ini. MRS (Muhammad Rizieq Shihab) datang dengan jemaahnya kira-kira sepuluhan," kata Agus dilansir dari CNNIndonesia.com, Kamis (8/8).

Agus mengetahui betul nomor liang lahad untuk Mbah Moen. Menurutnya, makam Mbah Moen dipastikan berada di posisi yang sangat strategis di Kompleks Pemakaman Ma'la.

Dia mengaku ikut menggotong jenazah Mbah Moen. Para jemaah juga berebut menyentuh keranda ketika jenazah hendak diturunkan ke liang lahad.

Setelah jenazah selesai dimakamkan, Agus melihat ada orang yang membacakan talqin tanpa diminta. Padahal menurutnya, dalam tradisi NU apabila ada kiai besar wafat jarang diiringi talqin. Dia menilai hal itu tak etis.

Setelah Unggah Pesan Mbah Moen, Deddy Corbuzier Tegaskan NKRI Harga Mati! Netizen: Saya Mencium Bau...

Halaman: 
Penulis : Kesdik Bayu