logo


Tak Hanya Pohon Sengon Penyebab Listrik Mati Massal, Dahlan: Memang Nasib PLN Lagi Apes

Pohon sengon yang bergerak kemudian mengganggu sutet dan apesnya sutet jalur tengah sedang diperbaiki

7 Agustus 2019 15:29 WIB

Mantan Menteri BUMN, Dahlan Iskan.
Mantan Menteri BUMN, Dahlan Iskan. startfmmadina.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Mantan Menteri BUMN, Dahlan Iskan, meyebut peristiwa listrik mati secara massal pada hari Minggu dan Senin kemarin ada unsul nasib selain karena gangguan pohon sengon.

Dahlan mengatakan bahwa ada dua jalur sutet di Jawa, apabila terjadi gangguan maka otomatis pindah ke jalur yang lain. Akan tetapi, kala itu jalur satunya tengah dalam perbaikan maka membuat pemadaman listrik.

"Jawa itu sebenarnya sudah aman. Biar pun sebagian besar pembangkitnya ada di Jatim. Di Jawa sudah punya dua jalur SUTET. Jalur Utara (yang lewat Ungaran, Semarang itu) dan jalur tengah. Membentang dari ujung timur ke ujung barat Jawa. Kalau pun ada gangguan di jalur utara seperti itu sebenarnya tidak ada masalah. Arus listriknya bisa otomatis pindah ke SUTET jalur tengah," ujar Dahlan seperti dikutip Jitunews dari laman pribadinya di disway.id, Rabu (7/8).


Black Out Listrik, Adjeng: Bukti Ada Kelemahan di Sistem Kelistrikan Kita

"Pohon sengon itu bukan satu-satunya tersangka. Hari Minggu itu ada perbaikan SUTET jalur tengah. Di timur Tasikmalaya. SUTET-nya dimatikan. Dengan pertimbangan sangat rasional: pada hari Minggu beban listrik di sekitar Jakarta turun drastis. Cukup dilayani jalur utara," lanjutnya.

Dahlan menyebut PLN dan Plt Direktur Utama PT PLN, Sripeni Inten Cahyani, tengah apes.

Pohon Sengon Penyebab Mati Listrik Massal, Dahlan Iskan: Perlu Diabadikan Sebagai Monumen

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata