logo


Jokowi Ungkap Ada Kerugian Ratusan Triliun Rupiah! Ada Apa?

Kerugian tersebut lebih dari 200 triliun rupiah.

7 Agustus 2019 11:32 WIB

Joko Widodo sambangi kantor pusat PLN, Jakarta, Sein (5/8/2019)
Joko Widodo sambangi kantor pusat PLN, Jakarta, Sein (5/8/2019) Twitter @jokowi

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pagi ini, Rabu (7/8), Presiden Joko Widodo mengungkap kerugian negara hingga ratusan triliun rupiah akibat hal tertentu.

Bukan karena korupsi, kerugian itu timbul karena kebakaran hutan yang kerap terjadi. Fakta itu diungkap sang presiden via Instagram.

Baca juga: Sama-sama Negara Maritim, Yuk Bandingkan Jumlah Kapal Perang Indonesia dan Jepang!


Meski Merupakan Negara Kepulauan, Angkatan Darat Jepang Ternyata Luar Biasa! Bandingkan dengan Indonesia...

jokowi: Setiap kemarau datang, saya teringat kebakaran hutan dan lahan yang terjadi tahun 2015. Lahan yang terbakar di Kalimantan dan Sumatra kurang lebih 2,6 juta hektare dan menimbulkan kerugian sampai Rp221 triliun. Ini sebuah angka yang besar dan saya berharap tidak terjadi lagi.

Seperti kemarin, di hadapan sejumlah kepala daerah, perangkat kepolisian serta TNI dari berbagai wilayah yang hadir di Rakornas Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan, saya menyampaikan empat arahan.

Pertama, prioritaskan pencegahan melalui patroli terpadu, deteksi dini, sehingga kondisi harian di lapangan selalu terpantau. Kedua, saya meminta jajaran pemerintahan terkait, khususnya Badan Restorasi Gambut, untuk menata pengelolaan ekosistem gambut secara berkelanjutan. Ketiga, kalau ada api, padamkan sesegera mungkin. Jangan biarkan api itu membesar. Keempat, penegakan hukum bagi pelaku pembakaran hutan dan lahan dilakukan tanpa kompromi.

Pernyataan tegas Jokowi itu mendapat respons dari netizen. Beberapa diantaranya tampak curhat kondisi daerah asalnya.

riskaayu.d: Pak di Sumatra Selatan tepatnya Jalan Palembang-Indralaya ada pembakaran lahan Pak sampai api dan asap nya mengelilingi Jalan Tol Palindra Palembang.

Baca juga: Sama-sama Negara Maritim, Yuk Bandingkan Jumlah Kapal Perang Indonesia dan Jepang!

klik.kalteng: Semakin hari semakin parah Pak. Hari ini di Sampit. Mana warga Sampit?? Daerah Kalteng yg lain gimana kondisinya udara nya pahari...

kuntjorowahyu15: Di Kalimantan Barat sudah mulai berkabut Pak, sepertinya sudah mulai terjadi kebakaran hutan di beberapa titik.

Sama-sama Negara Maritim, Yuk Bandingkan Jumlah Kapal Perang Indonesia dan Jepang!

Halaman: 
Penulis : De Sukmono