logo


Simak! Berikut Trik "Mengakali" Beret pada Kaca Helm!

Bagaimana caranya?

7 Agustus 2019 11:08 WIB

ilustrasi
ilustrasi
dibaca 1847 x

Terkadang kita kerap merasa terganggu jika terdapat kotoran ataupun benda-benda kecil yang menempel pada visor atau kaca helm. Terlebih lagi jika terdapat goresan ataupun beret-beret yang tentunya sangat mengganggu pengelihatan.

Selain sulit melihat dan merusak penampilan, visor yang beret membuat cahaya yang datang dari arah depan menjadi bias.

Baca juga: Sama-sama Negara Maritim, Yuk Bandingkan Jumlah Kapal Perang Indonesia dan Jepang!


4 Tempat Wisata di Bandung yang Cocok untuk Keluarga, Apa Saja?

Beret-beret ringan mungkin masih bisa diakali. Lain halnya dengan beret yang parah dan dalam sehingga sudah tak tertolong lagi. Dengan alasan keamanan berkendara, pemotor atau pengendara sepeda motor sebaiknya mengganti dengan yang baru.

Jika berbicara tentang “akal-mengakal” semua sebenarnya bisa dilakukan. Prinsipnya, jika masih bisa diperbaiki tidak perlu beli baru.

Jika yang tertinggal hanya beret-beret halus, misalnya jatuh dari spion, maka dapat ditangani hanya dengan memolesnya.

Bagaimana caranya? Cukup menggunakan lap microfiber dan krim compound. Poles ke bagian yang terkena beret dengan sabar dan hati-hati, karena sulit hilang, bukannya tak mungkin hanya sulit.

ilustrasi

Jika beret atau goresannya cukup dalam maka bisa dilakukan pengamplasan. Namun jangan gunakan sembarang amplas untuk menanganinya. Gunakan amplas pasir yang halus dengan ukuran partikel abrasif (bagian kasarnya) berkisar 8-15 mikrometer.

ilustrasi

Pilih amplas yang sangat halus. Biasanya ukuran CAMI di atas 600. Kemudian amplas kaca yang beret dengan memakai air. Jangan terlalu kencang saat melakukan proses pengamplasan. Alih-alih ingin memperbaiki visor helm, yang didapat justru malah kerusakan yang semakin bertambah. Setelah kering, poles lagi pakai compound.

Jika hasilnya masih kurang maksimal, bisa "diakali" dengan menggunakan heat gun. Beret-beret tersebut dipanasi supaya lumer sehingga tidak kelihatan. Tapi cara ini berisiko karena kalau tidak tepat visor justru menguning atau malah meleleh.

Baca juga: Sama-sama Negara Maritim, Yuk Bandingkan Jumlah Kapal Perang Indonesia dan Jepang!

Ulasan di atas hanya beberapa alternatif yang bisa kamu lakukan untuk mengakali beret pada kaca helm kamu. Namun, hal tersebut kembali lagi pada keputusanmu; hanya ingin mengakalinya atau menggantinya dengan part baru, atau mungkin dengan membeli lagi helm yang baru.

Ditulis oleh: Rizky Pratama

*Tulisan ini adalah 'Suara Kita' kiriman dari pembaca. Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap isi, foto maupun dampak yang timbul dari tulisan ini. Mulai menulis sekarang.

Pemanggil Kuntilanak, Mitos di Balik Lagu Lingsir Wengi!

Halaman: 
Admin : De Sukmono