logo


Gampang! Olahraga Ini Bisa Cegah Penyakit Jantung, Mau Coba?

Penasaran?

7 Agustus 2019 06:47 WIB

Ilustrasi penyakit jantung.
Ilustrasi penyakit jantung. google

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Orang yang memiliki berat badan berlebih harus mengurangi lemak jantung agar bisa mencegah penyakit kardiovaskuler dan menyehatkan organ jantung.

Cukup mudah, untuk mengurangi lemak di organ tersebut bisa dengan cara angkat beban. Hal ini diungkap oleh laporan yang diterbitkan dalam JAMA Cardiology.

Baca Juga: FPI Ingin Perkuat Uang Dinar di Indonesia, Netizen Bilang, "Kuasai Dulu DPR, Ubah Undang-undangnya"


Tak Disangka, Penyakit Ini Bisa Disembuhkan dengan Berolahraga, Penasaran?

Amankan Pengedar Narkoba, Kepolisian Temukan 10 Kg Sabu

Bahkan, olahraga angkat beban lebih membantu dibanding dengan latihan aerobik lho Kawan Jitu.

Penulis dalam penelitian tersebut, Dr. Regitse Hojgaard Christensen mengaku terkejut dengan penemuan tersebut. Meskipun begitu,, ia tidak bisa menjelaskan lebih rinci penyebab angkat beban bisa menjadi olahraga untuk mengurangi lemak jantung.

"Sementara penelitian ini tidak menjelaskan mengapa latihan beban akan memiliki efek yang berbeda dari latihan ketahanan, kita tahu dari penelitian lain bahwa latihan ketahanan adalah stimulus yang lebih kuat untuk meningkatkan massa otot dan meningkatkan metabolisme basal dibandingkan dengan latihan ketahanan, dan oleh karena itu kami berspekulasi bahwa para peserta yang melakukan pelatihan ketahanan akan membakar lebih banyak kalori di siang hari juga dalam periode aktif, dibandingkan dengan mereka yng terlibat dalam pelatihan ketahanan," ujar Chris yang juga telah diwartakan JPNN.com (6/8).

Ijtima Ulama Ingin Terapkan NKRI Bersyariah, Moeldoko Tegas, "Harus Dilawan"

Penelitian yang melibatkan 32 orang dewasa dengan kondisi obesitas dan kurang gerak tetapi tidak memiliki riwayat penyakit jantung, diabetes, atau atrial fibrilasi. Peserta ini diacak untuk latihan aerobik selama 3 ublan, latihan beban.

Dan ternyata kedua jenis latihan ini mengurangi massa jaringan adiposa epikardial dibandingkan dengan yang tidak berolahraga, latihan ketahanan, sebesar 32 persen dan latihan beban, sebesar 24 persen.

Dianggap Berbahaya, Ini Tanda Jika Kamu Terlalu Berlebihan Olahraga!!

Halaman: 
Penulis : Nugroho Meidinata