logo


Usulan NKRI Syariah, Moeldoko: Negara Ini Bukan Negara Ijtimak

Moeldoko mengatakan bahwa Indonesia bukanlah negara Islam

6 Agustus 2019 15:40 WIB

Kepala Staf Presiden (KSP) Jenderal TNI (Purn) Moeldoko
Kepala Staf Presiden (KSP) Jenderal TNI (Purn) Moeldoko Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ijtimak Ulama IV merekomendasikan NKRI syariah berdasarkan Pancasila. Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko mengatakan bahwa Indonesia bukanlah negara Islam.

"Begini, negara kita ini kan bukan negara Islam. Negara kita ini negara... sudah jelas ideologinya, ideologi lain nggak bisa dikembangkan di sini. Sepanjang itu berlawanan dengan ideologi Pancasila, ya harus dilawan," kata Moeldoko di Istana Negara, Selasa (6/8).

Moeldoko menegaskan bahwa Indonesia bukanlah negara berdasarkan ijtimak ulama tapi negara hukum.


Ijtimak Ulama IV Usul NKRI Syariah, Demokrat: Inilah Agenda yang Menunggangi Prabowo

"Saya sudah mengatakan, negara ini bukan negara ijtimak, gitu loh. Aturannya sudah jelas, negara ini adalah negara hukum, ada konstitusi, UUD 45, ada UU, ada perpres, ya sudah ikuti, apalagi," tegas Moeldoko.

Seperti diberitakan sebelumnya, Itjima Ulama IV yang digelar kemarin (5/8), menghasilkan beberapa keputusan yang terdiri dari 8 poin penting. Tetapi, yang utama adalah soal pemulangan Habib Rizieq Shihab (HRS) dan mewujudkan NKRI syariah.

"Mewujudkan NKRI Syarah yang berdasarkan Pancasila sebagaimana termaktub dalam Pembukaan dan Batang Tubuh Undang-Undang Dasar 1945 dengan prinsip ayat suci di atas ayat konstitusi agar diimplemantasikan dalam kehidupan beragama, berbangsa, dan bernegara," ujar Yusuf Martak.

Soal NKRI Syariah dan Sistem Khilafah, PPP: Tidak Boleh Diotak-atik

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata