logo


DPR Telah Lakukan Seleksi Awal untuk Calon Anggota BPK, Hasilnya...

Berikut ulasannya

5 Agustus 2019 20:47 WIB

Peneliti Pusat Kajian Keuangan Negara, Megel Jekson
Peneliti Pusat Kajian Keuangan Negara, Megel Jekson Doc Jitunews

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Sebanyak 64 calon anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) telah diseleksi oleh Komisi XI DPR RI, hasilnya hanya ada 32 orang calon yang dinyatakan lolos seleksi awal.

Peneliti Pusat Kajian Keuangan Negara, Megel Jekson berharap calon anggota BPK nantinya memiliki integritas yang baik dan tidak berafiliasi dengan partai politik.

“Kita ingin mempunyai calon-calon yang mempunyai integritas, kapasitas dan sebaiknya calon ini tidak mempunyai urusan dengan partai politik,” ujarnya saat menjadi pembicara dalam diskusi publik yang bertemakan ‘Menakar Calon Anggota BPK RI: Siapa yang Layak Dipilih DPR ?’, di Kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Senin (5/8).


Inilah Kriteria Calon Anggota BPK RI yang Pas Menurut Jokowi Mania

Dia menilai apabila calon anggota BPK berafilisasi dengan partai politik, maka dikhawatirkan akan mempengaruhi kultur birokrasi yang ada di BPK.

“Sejauh penglaman selama ini, orang yang mempuyai latar belakang politisi ini memberikan pengaruh kultur birokrasi di BPK. Mohon maaf, sering kali melakukan negosiasi dan lain-lain,” tuturnya.

Dalam hal ini, Megel juga menaruh harapan banyak kepada Komisi XI DPR RI untuk memberikan informasi yang jelas tentang standar penilaian terhadap calon anggota BPK.

“Kata kuncinya adalah Pusat Kajian Keuangan Negara mendorong pantia seleksi yaitu Komisi XI untuk memberikan informasi  yang jelas tentang tolak ukur seseorang itu bisa lolos menjadi anggota BPK,” kata Megel.

“Ini yang selama ini belum dijelaskan oleh Komisi XI DPR. Dan kalau tidak dijelaskan, kita punya asumsi macam-macam tentang hal itu, misalnya soal isu adat rupiah dalam pemilihan dan lain-lain,” pungkasnya.

Banyak Politisi Daftar Jadi Anggota BPK, Ketua Jokowi Mania: "Lebih Baik Diisi Anak-anak Muda..."

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Raka Kisdiyatma