logo


Tak Melulu Jahat, Kolesterol Juga Bisa Tingkatkan Fungsi Otak dan Usus Lho!!

Kok bisa?

5 Agustus 2019 08:10 WIB

Ilustrasi Otak Manusia
Ilustrasi Otak Manusia Lifestyle.co

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kolesterol dikenal karena memicu berbagai macam penyakit berbahaya, diantaranya stroke, impotensi, jantung, dan masih banyak lagi.

Oleh karena itu, saat ini orang-orang berlomba-lomba untuk menjaga kolesterol dalam kondisi normal dan tidak mengonsumsi makanan-makanan yang memicu naiknya kolesterol.

Baca Juga: Dikenal Baik untuk Cegah Kanker, Buah Anggur Malah Bisa Sebabkan Penyakit....


Sudah Olahraga dan Konsumsi Makanan Sehat, Kolesterol Tetap Tinggi? Ternyata Ini Penyebabnya

Sindir Mardani Ali, Ruhut Bilang, "Dia Rupanya Sudah Rabun, Kasihan"

Tetapi, dibalik bahayanya, ternyata kolesterol juga bermanfaat untuk tubuh manusia lho. Apa saja ya kira? Berikut manfaat kolesterol yang telah diwartakan IDNTimes.com (12/6).

1. Menjaga fungsi otak

Didalam otak, banyak terdapat sel-sel yang dijaga oleh kolesterol. Di mana kolesterol sangat diperlukan dan mampu menjaga sambngan antar saraf agar saluran infomrasi ke otak berjalan dengan baik. Hal ini agar kita mudah mengingat sesuatu.  

2. Pembentuk hormon seks

Di mana hormon memiliki fungsi di sistem reproduksi masing-masing manusia, yakni hormon testosteron pada pria dan estrogen pada wanita.

Adakan Diklat Bela Negara Bagi CPNS Kementerian PUPR, BPSDM Sebut Sebagai Pemersatu

3. Membantu usus dalam menyerap lemak

Dengan bantuan kolesterol, organ hati membantuk garam empedu di mana garam tersebut berfungsi untuk memecah lemak makanan agar bisa diserap oleh tubuh dan digunakan sebagai energi.

4. Membantu produksi vitamin D

Vitamin D merupakan hasil perubahan senyawan kolesterol. Maka dari itu, jika kolesterol kamu rendah juga akan memperlambat produksi vitamin D dalam tubuh manusia.  

Kacang Mede Bisa Sebabkan Kolesterol Tinggi? Ini Penjelasan Dokter

Halaman: 
Penulis : Nugroho Meidinata