logo


AMPHI Lakukan Survei untuk Cari Menteri Hukum dan HAM Periode 2019-2024

Berikut ulasannya

4 Agustus 2019 15:43 WIB

 Aliansi Mahasiswa Peduli Hukum Indonesia
Aliansi Mahasiswa Peduli Hukum Indonesia Doc Jitunews

"Untuk calon Menkumham periode 2019-2024 pilihan generasi milenial dan netizen, di urutan pertama bercokol nama Mahfud MD (mantan ketua MK) yang meraih suara 474 responden, disusul Prof Dr Edward Omar Sharif Hiariej dengan perolehan 260 suara responden," tuturnya.

Sementara urutan ketiga ada nama Dr Zainal Arifin Mochtar dengan 130 suara responden, disusul nama Haris Azhar (direktur eksekutif Lokataru) 69 suara responden.

Nama Mahfud dan Eddy OS Hiariej juga sebelumnya masuk radar calon Jaksa Agung yang diidam-idamkan generasi muda. Bahkan mereka mengalahkan nama-nama jaksa internal Kejaksaan Agung.


Demokrat Setuju Risma Jadi Menteri Jokowi

Menurut Hans, generasi milenial memilih sejumlah nama tersebut lantaran berkompeten dan bisa membawa perubahan di Kementerian Hukum dan HAM.

"Selain itu juga anak muda Indonesia butuh Menkumham yang jujur dan cakap dalam menjalankan amanah yang diberikan Presiden Jokowi dan rakyat," kata dia.

Hans mengatakan alasan itu disampaikan, karena kinerja Menkumham Yasonna Laoly masih dianggap kurang greget.

"414 responden berpendapat buruk dan kurang kinerja menteri Yasonna. Responden menginginkan Menkumham yang profesional dan memiliki kompetensi di bidang hukum, perundang-undangan," ujarnya.

Dalam hal ini, Hans berharap hasil survei AMPHI bisa menjadi bahan masukan Jokowi-Ma'ruf dalam memilih menteri di Kabinet Kerja II. Sekaligus mendengarkan aspirasi rakyat, khususnya generasi milenial.

"Sepertinya Enggak Mungkin PAN Gabung Koalisi Jokowi - Ma'ruf"

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Raka Kisdiyatma
 
×
×