logo


Penyebab Sperma Jadi Encer yang Sering Disepelekan Banyak Lelaki

Inilah penyebab sperma encer yang harus kamu tahu.

4 Agustus 2019 13:10 WIB

Ilustrasi Sel Sperma / Pembuahan
Ilustrasi Sel Sperma / Pembuahan Beritagar

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Sperma atau air mani, merupakan cairan putih kental yang dikeluarkan laki-laki saat ejakulasi melalui uretra. Air mani atau sperma encer terjadi ketika tubuh memproduksi sperma dalam jumlah yang rendah atau di bawah rata-rata jumlah sperma normal.

Di beberapa kondisi jika sperma encer dapat jadi karena beberapa faktor dari luar ataupun dalam tubuh. Apakah ini merupakan masalah yang besar. Dikutip dari laman Popbela, inilah penyebab sperma encer yang harus kamu tahu.

Baca juga: Benarkah Makan Ubi Bikin Kentut Jadi Makin Bau? Ini Faktanya


Dianggap Mengganggu, Ini Lho Fungsi Keringat Bagi Kesehatan Kita

1. Jumlah sperma rendah

Salah satu penyebab paling umum dari air mani yang encer adalah jumlah sperma yang rendah. Hal ini dikenal sebagai oligospermia. Jika jumlah spermamu rendah, artinya air mani mengandung lebih sedikit sperma dari biasanya. Hitungan sperma kurang dari 15 juta sperma per milliliter dianggap di bawah normal.

2. Ejakulasi yang terlalu sering

Ejakulasi yang terlalu sering juga dapat mempengaruhi produksi air mani. Jika kamu bermasturbasi beberapa kali sehari, kualitas sperma setelah ejakulasi pertama cenderung menjadi encer dan berair. Tubuhmu mungkin memerlukan setidaknya beberapa jam untuk menghasilkan sperma yang normal dan sehat.

3. Kekurangan zat besi

Kemungkinan penyebab lain air mani encer adalah kekurangan zat besi. Penelitian telah menunjukkan bahwa laki-laki yang memiliki kadar zinc cukup atau laki-laki yang kekurangan zinc dan mengonsumsi suplemen zink sulfat dapat melawan efek antibodi anti-sperma lebih baik. Antibodi ini diproduksi oleh sistem kekebalan tubuh, yang secara reflek merespons sperma sebagai benda asing.

Baca juga: Tak Disangka, Penyakit Ini Bisa Disembuhkan dengan Berolahraga, Penasaran?

4. Lingkungan dan gaya hidup

Kualitas air mani juga dapat dipengaruhi oleh lingkungan tempat kamu tinggal dan bekerja, pola makan, serta gaya hidup. Kebiasaan merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol dalam jangka waktu yang lama juga dapat menurunkan kualitas sperma kamu.

Demikian penyebab sperma encer yang belum diketahui banyak orang. Lebih baik mulai gaya hidup sehat dari sekarang supaya kualitas sperma yang dihasilkan menjadi lebih baik.

Dibalik Nikmatnya Bubble Tea, Ada Banyak Bahaya Mengancam Kesehatanmu

Halaman: 
Penulis : Kesdik Bayu