logo


Benarkah Makan Ubi Bikin Kentut Jadi Makin Bau? Ini Faktanya

Benarkah makan ubi membuat kentut menjadi lebih bau atau sering? Apa kaitannya kentut dengan ubi?

3 Agustus 2019 12:17 WIB

Ubi jalar
Ubi jalar Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Salah satu karbohidrat alternatif pengganti nasi di antaranya ubi jalar. Sayangnya, anggapan mudah kentut bau tentang karbo yang satu ini membuat seseorang segan atau gengsi menyantapnya. Pasalnya, kalimat ‘jangan makan ubi nanti kentutnya bau’ sudah menjadi sesuatu yang dipercaya masyarakat.

Benarkah makan ubi membuat kentut menjadi lebih bau atau sering? Apa kaitannya kentut dengan ubi?

Baca juga: Dibalik Nikmatnya Bubble Tea, Ada Banyak Bahaya Mengancam Kesehatanmu


Dianggap Mengganggu, Ini Lho Fungsi Keringat Bagi Kesehatan Kita

Mengutip laman suara.com, menurut ahli teknologi pangan Prof. Dr. Ir. Rindit Pambayun, MP. Ubi mengandung berbagai zat antara lain linamarin, glukoprotein dan karbohidrat.

Adanya zat glukoprotein ini, kata Prof Rindit, menghambat proses pencernaan karbohidrat sehingga memicu produksi buang angin usai mengonsumsinya.

"Jadi, setelah mengonsumsi ubi mendorong buang angin itu benar. Tapi bisa dicegah," ujar dia pada sesi workshop Health and Nutrition Journalist Academy (HNJA) di Jakarta.

Lalu bagaimana caranya agar tak kentut setelah makan ubi? Prof Rindit mengatakan jika akan mengolah ubi, kupaslah bagian dalam kulit ubi yang berlendir.

Lantas apakah mengonsumsi ubi membuat kentut semakin bau itu benar adanya?

Menurut situs HelloSehat, ubi mengandung beberapa jenis gula oligosakarida yaitu stakiosa, rafinosa, dan verbaskosa. Beberapa jenis oligosakarida tersebut tidak dapat dicerna oleh sistem percernaan kita karena tidak adanya enzim galaktosidase.

Sehingga, apabila kita mengkonsumsi ketela alias ubi jalar, maka akan dicerna oleh bakteri pada usus bagian bawah. Akibatnya, senyawa berbau tidak sedap akan dihasilkan dari usus tersebut

Dibalik Nikmatnya Bubble Tea, Ada Banyak Bahaya Mengancam Kesehatanmu

Halaman: 
Penulis : Kesdik Bayu