logo


Wisata Air Terjun Curug Cinulang Cicalengka Bandung, Sudah Tahu Belum?

Sudah pernah ke sini belum?

2 Agustus 2019 18:49 WIB

ilustrasi
ilustrasi
dibaca 1464 x

Curug Cinulang di Cicalengka Bandung, berada di perbatasan Kabupaten Bandung dengan Sumedang. Meski di perbatasan, lokasinya tidak terlalu jauh dari pusat kota.

Lokasi Curug Cinulang Bandung

Curug Cinulang termasuk ke dalam wilayah Sumedang, tepatnya di Desa Sindulang, Kecamatan Cimanggung Sumedang. Tapi, jauh lebih dekat dan mudah untuk dicapai dari Bandung. Nama asli air terjun ini katanya juga adalah Curug Sindulang. Namun lebih dikenal dengan nama Curug Cinulang.


Hantu Galah, Hantu Berbadan Tinggi Khas Melayu

Rute menuju ke Curug Cinulang satu jalur dengan rute ke hutan wisata Kareumbi Masigit. Curug Cinulang bisa dikatakan salah satu tempat wisata yang cukup populer di Bandung Timur.

Jalan Menuju Curug Cinulang

Untuk menuju ke sini, kita tinggal ikuti jalan raya Bandung – Garut dari Cileunyi. Nanti setelah masuk ke jalan by pass Cicalengka, Anda akan menemukan jembatan dengan petunjuk ke arah Villa Aki – Enin di sebelah kiri. Ikuti jalan tersebut, dan di perempatan bawah jembatan ambil jalan ke kiri dan ikuti saja terus. Letak Curug Cinulang kurang lebih 8 KM dari sini.

ilustrasi

Jika menggunakan kendaraan umum, bisa naik angkutan umum dari Bandung ke Cicalengka dan disambung dengan angkutan pedesaan dari Terminal Cicalengka jurusan Sindulang-Sindangwangi.

Jalan menuju Curug Sindulang cukup bagus. Di sepanjang jalan juga terdapat banyak view pegunungan yang indah. Salah satunya bentangan lembah tidak jauh dari jalan masuk di atas. Kita bisa melihat lembahan yang luas dengan sawah terasering, sungai, dan latar belakang gunung di belakangnya.

Lokasinya tidak jauh dari jalan by pass Cicalengka. Ikuti saja terus jalan ini. Tidak akan nyasar karena gerbang masuk ke Curug Cinulang berada tepat di pinggir jalan.

Fasilitas Di Curug Cinulang

ilustrasi

Beberapa fasilitas yang tersedia cukup lengkap. Musala, toilet, dan juga terdapat banyak warung makan. Jadi tidak perlu khawatir saat merasa lapar dan haus.

Bagi pengunjung yang ingin bermalam atau menginap, ada beberapa vila yang bisa disewa di sekitar Curug Cinulang seperti salah satunya Villa Aki Enin. Tapi karena tempatnya yang tidak begitu jauh, Anda bisa juga menginap di hotel sekitar Jatinangor, Cileunyi, Cibiru, ataupun Sukarno Hatta Bandung.

Harga Tiket Masuk Curug Cinulang

Harga tiket untuk masuk ke tempat wisata ini Rp 10.000 (harga bisa berubah sewaktu-waktu) bagi wisatawan yang ingin berkunjung bisa memulai kunjungan pada jam buka yaitu 08.00-18.00 setiap harinya. Di sini, kita bisa bermain di area air terjun, dan berkeliling naik mengikuti jalan ke arah atas.

Curug Cinulang memiliki hawa sejuk. Sekitar area air terjun, suasananya masih asri dan hijau. Lumayan bikin adem mendengarkan suara air terjun dan ‘tonggeret’. Begitu menjejakkan kaki di kawasan air terjun, pengunjung akan merasakan sensasi kesegaran yang alami. Percikan air terjun yang mengenai tubuh akan menjadikan tubuh semakin rileks dan segar. Cukup untuk melepas stres dari kesibukan, dan menikmati waktu weekend/liburan dengan rileks dan santai. Bagaimana? Tertarik untuk menjadikan tempat yang satu ini sebagai tujuan liburanmu selanjutnya?

Ditulis oleh: Rizky Pratama

*Tulisan ini adalah 'Suara Kita' kiriman dari pembaca. Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap isi, foto maupun dampak yang timbul dari tulisan ini. Mulai menulis sekarang.

Merinding, Ini Misteri Jawa Tentang "Balung Kuning"

Halaman: 
Admin : De Sukmono