logo


Dibalik Nikmatnya Bubble Tea, Ada Banyak Bahaya Mengancam Kesehatanmu

Yakin, masih mau sering-sering beli bubble tea?

2 Agustus 2019 17:55 WIB

Bubble Tea
Bubble Tea detikFood

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Bubble tea menjadi minuman yang cukup populer dikonsumsi sejak beberapa tahun terakhir. Bubble tea merupakan minuman teh yang dipadukan dengan beragam komponen, mulai dari susu, krimer, hingga hingga gula.  

Topping bubble tea biasanya berbentuk bulat dan kecil seperti mutiara dan teksturnya lunak. Topping yang terbuat dari tepung tapioka ini berasal dari pati yang diolah dari umbi singkong. Namun, walaupun memiliki rasa yang sangat enak, bubble tea ternyata dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Baca juga: Istirahat dari Kesibukan Jakarta, Taman Wisata Alam Angke Kapuk Rekomendasi untuk Liburanmu


Dianggap Mengganggu, Ini Lho Fungsi Keringat Bagi Kesehatan Kita

Berikut beberapa bahaya jika terlalu sering mengonsumsi bubble tea yang dilansir Jitunews dari berbagai sumber:

1. Menyebabkan sembelit

Minuman bubble tea merupakan minuman yang terbuat dari tepung tapioka atau kanji yang cenderung sulit dicerna oleh tubuh. Hal itu dapat menyebabkan sembelit apabila terlalu sering dikonsumsi.

2. Dapat menyebabkan kanker

Berkaitan dengan topping tapioka yang digunakan dalam minuman bubble tea tersebut. Peneliti menyebutkan bahwa zat tersebut merupakan zat penyebab kanker yang juga berefek buruk bagi kesehatan seperti penurunan sistem kekebalan tubuh, reproduksi, dan saraf. Hal ini nantinya bahkan bisa berujung pada berbagai penyakit kanker yang tentunya sangat berbahaya bagi kelangsungna hidup kamu.

3. Mampu menyebabkan stroke

Selain kadar gula dan kalori yang tinggi, minuman bubble tea ini juga mengandung lemak lemak trans atau dikenal dengan asam lemak jenuh atau lemak jahat. Lemak trans mempunyai efek buruk bagi tubuh karena bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL).

Baca juga: Dianggap Mengganggu, Ini Lho Fungsi Keringat Bagi Kesehatan Kita

Lemak jahat bisa mendatangkan berbagai jenis penyakit, salah satunya stroke. Selain itu, konsumsi berlebih juga bisa memengaruhi daya ingat dan sistem reproduksi.

4. Kadar gula yang tinggi

Bubble tea disebut sebagai salah satu minuman terburuk bagi kesehatan. Kandungan kadar gula yang tinggi tentu tidak baik bagi kesehatan orang yang mengonsumsinya.

Segelas bubble tea dapat mengandung 34 gram gula. Padahal, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah merekomendasikan konsumsi gula per hari yakni 50 gram. Maka dari itu, kandungan gula yang terkandung dalam bubble tea melebihi 50 persen sendiri. Kelebihan kadar gula dapat menyebabkan penyakit seperti diabetes.

Soal Drg. Romi, Kepala Staf Kepresidenan Segera Cari Solusi dengan Kemenpan RB

Halaman: 
Penulis : Kesdik Bayu