logo


Kacang Mede Bisa Sebabkan Kolesterol Tinggi? Ini Penjelasan Dokter

Penasaran?

3 Agustus 2019 04:15 WIB

Kacang mede
Kacang mede grid.id

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Rasanya gurih, padat, dan enak membuat kacang mede digemari oleh semua kalangan, baik orangtua, muda, hingga anak-anak. Selain bisa buat cemilan, kacang mede biasanya sebagai bahan untuk campuran kue bahkan salad.

Tetapi, banyak orang yang beranggapan tidak berani mengonsumsi banyak-banyak kacang mede karena bisa memicu kolesterol tinggi. Namun, hal tersebut tidak selalu benar lho Kawan Jitu.

Baca Juga: Jangan Dianggap Sepele! Konsumsi Buah Duku Bisa Sebabkan Diabetes dan Serangan Jantung


Dikenal Buruk untuk Kesehatan, Ternyata Santan Bisa Turunkan Kolesterol Hingga Kontrol Berat Badan

Merinding, Ini Misteri Jawa Tentang "Balung Kuning"

Tergantung kalian mengolahnya seperti apa. Hal tersebut diungkap oleh dokter spesialis gizi klinis, dr. Vera Sudarma, Sp.GK.

"Kalau digoreng, bisa meningkatkan lemak jenuh di kacang mede. Padahal aslinya lemak jenuh di kacang mede sangat kecil," ujar Vera saat jadi pembicara di acara Ayo Hidup Sehat di tvOne (10/6).

Dalam 3 sendok makan kacang mede juga mengandung kalori yang cukup besar, yakni 150 kalori. Bahkan, hal tersebut sama halnya kalian mengonsumsi satu mangkok nasi.

Setelah Vakum 10 Tahun, Inkopti Adakan RALB

"Apalagi dengan pengolahan yang digoreng, akan menyerap minyak. Sehingga kalorinya bisa melonjak sampai 250 kalori. Itu bisa meningkatkan berat badan," sambungnya.

Tetapi, jika dikonsumsi dengan benar, kacang mede bisa untuk mencegah kanker serta menjaga kesehatan jantung. "Konsumsi 3 sendok makan per hari selama 2 kali seminggu dengan tidak digoreng dan tidak ditambahkan bahan makanan yang kurang sehat seperti tepung, cokelat, dan garam agar tidak kelebihan kalori. Hati-hati juga untuk yang alergi pada kacang-kacangan agar tidak dikonsumsi berlebihan," paparnya.

Sudah Olahraga dan Konsumsi Makanan Sehat, Kolesterol Tetap Tinggi? Ternyata Ini Penyebabnya

Halaman: 
Penulis : Nugroho Meidinata