logo


Terciduk KPK, Direktur Angkasa Pura II Langsung Dipecat

"Tidak ada toleransi sama sekali. Siapapun yang terkena OTT akan diberhentikan dan ini sudah dipahami oleh semua jajaran BUMN,"

1 Agustus 2019 16:43 WIB

Gedung Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN).
Gedung Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Jitunews/Rezaldy

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Direktur Keuangan PT Angkasa Pura II (Persero), Andra Agussalam terjaring operasi tangkap tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Saat ini, Andra tengah diperiksa oleh penyidik sebelum ditetapkan sebagai tersangka.

Asisten Deputi Usaha Jasa Keuangan, Jasa Survei, dan Konsultan II Kementerian BUMN, Muhammad Khoerur Roziqin mengatakan, Andra bakal diberhentikan segera setelah ditetapkan sebagai tersangka. Hal itu sudah menjadi arahan langsung dari Menteri BUMN, Rini Soemarno.

"Ibu Menteri BUMN Rini Soemarno begitu mengetahui ada jajaran BUMN yang terkena OTT KPK dan kemudian ditetapkan sebagai tersangka, maka pihak yang terlibat korupsi tersebut akan langsung diberhentikan," kata dia di Jakarta, dilansir dari iNews, Kamis (1/8).


Gempa 2,6 Skala Richter Guncang Raja Ampat

Roziqin mengatakan, seluruh jajaran BUMN termasuk direksi dan komisaris sudah memahami ketentuan ini. Pasalnya, hal ini menjadi komitmen awal sebelum bekerja di lingkungan BUMN.

"Tidak ada toleransi sama sekali. Siapapun yang terkena OTT akan diberhentikan dan ini sudah dipahami oleh semua jajaran BUMN," ucap dia.

Dia mengatakan, Kementerian BUMN saat ini tengah menanti kepastian status hukum dari Andra. Untuk calon pengganti, akan diproses lebih lanjut.

Sebelumnya, KPK mengamankan lima orang pejabat BUMN, termasuk Direktur Keuangan AP II, Andra Agussalam. Dalam operasi tersebut, lembaga antirasuah menemukan uang senilai Rp1 miliar dalam bentuk dolar Singapura. Status Andra saat ini masih terperiksa sebelum diperbaharui dalam 1x24 jam sejak ditangkap.

Soal Drg. Romi, Kepala Staf Kepresidenan Segera Cari Solusi dengan Kemenpan RB

Halaman: 
Penulis : Kesdik Bayu