logo


Potensi Kelautan Indramayu - Cirebon Belum Tergali

30 November -0001 00:00 WIB


CIREBON, JITUNEWS.COM - Potensi kelautan di daerah Pantura Kabupaten Cirebon dan Indramayu, Jawa Barat, masih belum tergali nelayan setempat hanya mengandalkan hasil tangkapan.

Pengusaha pengelola hasil laut Kasmanto, di Cirebon kepada wartawan, Jumat, mengatakan, potensi kelautan di Pantura Cirebon-Indramayu masih belum tergali, nelayan hanya mengandalkan hasil tangkapan, padahal mereka bisa mengembang budidaya ikan secera teratur.

Budidaya ikan pantai masih bisa dikembangkan oleh nelayan tradisional, kata dia, hal itu penting karena penghasilannya cukup menggiurkan dibandingkan dengan pola tangkap, dimana pengaruh cuaca mendominasi, saat angin kencang disertai gelombang produksi ikan tersebut anjlok.

Pesisir utara dari Kabupaten Indramayu-Cirebon, cocok dan potensial dikembangkan, tetapi selama ini kendala nelayan kekurangan modal, hanya sebagian yang sudah melakukan budidaya ikan seperti di Gebang jenis krapu pesanan ekspor.

Hadiman pengusaha kemasan ikan laut Cirebon menuturkan, sulit mengandalkan pasokan ikan nelayan tradisional Indaramayu-Cirebon karena mereka hanya memperoleh ikan hasil tangkapan, saat cuaca buruk produksi terhambat dampaknya pesanan ekspor terbengkalai, padahal nelayan setempat bisa memanfaatkan pantai sebagai tempat budidaya ikan.

Rendahnya kemampuan nelayan setempat mengelola pantai, kata dia, menjadi kendala memanfaatkan potensi kelautan di Indramayu-Cirebon, butuh bimbingan dan arahan dari pemerintah setempat.

Sementara itu Usep petugas Dinas Perikanan Kabupaten Indramayu mengaku, nelayan tradisional masih kurang berpengalaman dan pengetahuan untuk budidaya ikan dengan memanfaatkan pantai, mereka hanya mengandalkan hasil tangkapan.

Sebagian nelayan sudah bisa memanfaatkan pantai dikelola untuk budidaya ikan bandeng, kerapu, udang, kata dia, tetapi sulit mengubah kebiasan mereka melaut dengan alasan kurang modal usaha.

Harga Daging Ayam dan Telur Tertinggi di Samarinda

Halaman: 
Penulis : Tommy Ismaya