logo


Dianggap Mengganggu, Ini Lho Fungsi Keringat Bagi Kesehatan Kita

Keringat bukan hanya sekadar kotoran, ada banyak manfaat di balik itu.

1 Agustus 2019 11:36 WIB

Olahraga / Berkeringat
Olahraga / Berkeringat merdeka.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Banyak orang yang menganggap bahwa adanya keringat di badan adalah hal yang mengganggu. Rasa lengket dan bau menjadi penyebab proses alami yang terjadi pada tubuh ini dianggap sebagai gangguan.

Walau begitu, berkeringat sebenarnya sangat dibutuhkan pada tubuh seseorang. Dilansir dari Medical Daily melalui laman Merdeka.com, Rabu (31/7), pakar kesehatan kulit, Angela Lamb mengibaratkan keringat sebagai urine pada kulit. Walau begitu, bukan berarti bahwa keringat ini hanya sekadar kotoran semata.

Baca juga: Cara Menjaga Kesehatan Supaya Tak Terpapar Polusi Udara


Ogah Tampak Lebih Tua? Hindari Makanan Enak Ini Ya

Untuk mencegah tubuh jadi terlalu panas, maka keringat harus keluar dari sekitar dua hingga empat juta kelenjar keringat pada seluruh tubuh. Campuran dari air dan garam berupa keringat ini muncul ketika kita berolahraga, melakukan hal berat, atau juga saat berteriak.

Selain itu juga terdapat kelenjar apokrin keringat. Hal ini terdapat pada bagian ketiak dan sekitar area genital yang memproduksi keringat kaya protein ketika kita gembira atau menerima rangsangan.

Hal lain yang cukup mengejutkan adalah bahwa ketiak sesungguhnya tidak memiliki bau baik dari kepalan tangan atau pun ketiak. Bau muncul ketika bakteri di dalam kulit muncul pada keringat ini.

Walau membuat sehat, namun sesungguhnya ketiak tidak mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Selain itu tubuh juga memiliki batas dalam mengeluarkan keringat terutama dalam jumlah besar.

Ngebet Pengin Pindah, Neymar Sudah Berani Mangkir dari Latihan PSG

Halaman: 
Penulis : Kesdik Bayu