logo


Awas! Profesi Ini Berisiko Tinggi Terkena Kanker, Penasaran?

Ini dia profesinya!

1 Agustus 2019 10:22 WIB

Ilustrasi
Ilustrasi Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Memang setiap profesi mempunyai risiko masing-masing. Tak terkecuali, beberapa profesi yang akan dibahas kali ini. Pasalnya, beberapa profesi ini memiliki risiko tinggi untuk terkena kanker.

Lalu, apa saja profesi-profesi tersebut? Ini dia seperti yang telah diwartakan IDNTimes.com (24/6).

Baca Juga: Dianggap Berbahaya, Ini Tanda Jika Kamu Terlalu Berlebihan Olahraga!!


Simpel, dalam 2 Menit Bisa Mendeteksi Kanker dari Bau Mulut, Mau Coba?

Istrinya Diusulkan Jadi Wali Kota Tangsel, Sandi Bingung, "yang Ngurusin Anak-anak Siapa?"

1. Petani

Wanita yang bekerja sebagai petani berisiko 35 persen lebih besar terkena kanker payudara. Bahkan, dalam penelitian mereka juga berisiko terkena kanker paru-paru. Hal ini dikarenakan paparan bahan kimia, asap, dan zat radon dalam pupuk. Selain itu, efek penggunaan pestisida juga dapat meningkatkan risiko kanker perut, otak, kulit, prostat, dan leukimia.

2. Pemadam kebakaran

Plastik dan bahan lain saat terbakar akan mengeluarkan gas beracun, dan para pemadam kebakaran seringkali menghirupnya. Bahkan menurut National Institute for Occupational Safety and Health, profesi ini umumnya memiliki risiko terkena kanker lebih tinggi dibanding orang biasa.

Restui Anaknya Maju Jadi Wali Kota Solo, Pengamat Sebut Jokowi Mulai Berubah

3. Kru pesawat

Kru kabin pesawat sering terpapar radiasi ion saat terbang. Di mana hal tersebut menyebabkan kanker, berupa kanker payudara, serviks, kerongkongan, usus besar, pankreas, dan hati. Bahkan, menurut jurnal Environmental Health menyebutkan kru pesawat berisiko terkena kanker payudara 50 persen lebih tinggi dari perempuan lainnya.

4. Pekerja kantoran

Pekerja kantoran setiap hari melakukan hal yang sama, yakni duduk di depan meja menghadap komputer. Kebiasaan tersebut bisa meningkatkan risiko kanker usus besar sebesar 24 persen dan kanker rahim 32 persen.

Jarang Terekspos, Intip Pesona Kecantikan Penyanyi Dangdut yang Jadi Istri Didi Kempot Jarang Terekspos, Intip Pesona Kecantikan Penyanyi Dangdut yang Jadi Istri Didi Kempot

5. Pekerja tambang

ilustri penambang

Pekerjaan ini memiliki risiko berbagai macam kanker, misalnya kanker paru-paru dan perut. Pekerjaan yang dilakukan di bawah tanah ini lima kali lipat lebih berisiko terhadap kanker paru-paru. Pasalnya, mereka terus terpapar gas diesel dari mesin-mesin yang digunakan.

Benarkah Tahu Bisa Sebabkan Kanker Payudara? Ini Fakta Sebenarnya

Halaman: 
Penulis : Nugroho Meidinata