logo


Dianggap Berbahaya, Ini Tanda Jika Kamu Terlalu Berlebihan Olahraga!!

Yuk simak!!

1 Agustus 2019 10:01 WIB

olahraga sit up.
olahraga sit up. stock-clip.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Olahraga merupakan aktivitas fisik yang penting dilakukan oleh setiap orang. Selain untuk tubuh tetap sehat, olahraga juga membuat kita terhindar dari depresi.

Tetapi, jika kamu terlalu berlebihan berolahraga, kamu juga bisa mengalami beberapa hal yang bisa membahayakan tubuh kamu sendiri lho Kawan Jitu, diantaranya kelelahan, letih, dehidrasi, bahkan otot menjadi rusak.

Baca Juga: Istrinya Diusulkan Jadi Wali Kota Tangsel, Sandi Bingung, "yang Ngurusin Anak-anak Siapa?"


Mana yang Lebih Baik, Sarapan Setelah atau Sebelum Olahraga? Ini Menurut Penelitian

Restui Anaknya Maju Jadi Wali Kota Solo, Pengamat Sebut Jokowi Mulai Berubah

Nah, berikut tanda-tanda jika kamu sudah melakukan olahraga secara berlebihan seperti yang telah diwartakan Himedik.com (31/7).

1. "Saya perlu mengambil air...lagi"

Olahraga membuat badan tegang sehingga bisa mengubah katabolik. Jika kamu terus menerus berolahraga maka tubuh akan memecah jaringan otot untuk melepaskan energi.

Hal inilah yang menyebabkan dehidrasi.

Jarang Terekspos, Intip Pesona Kecantikan Penyanyi Dangdut yang Jadi Istri Didi Kempot

2. "Saya mengalami perubahan suasana hati"

Olahraga dapat melepaskan endorfin yang bisa meningkatkan suasana hati seseorang. Tetapi, jika kamu terlalu berlebihan berolahraga efeknya justru sebaliknya, akan berpengaruh pada hormon stres, kortisol, dan epinerfin yang bisa membuat perubahan suasana hati dan lekas marah.

3. "Saya tidak bisa tidur"

Hal ini dikarenakan sistem saraf simpatik menjadi overdrive dan mengasumsikan untuk terus-menerus menyediakan energi bagi tubuh. Dan hal tersebut akan berakibat munculnya rasa gelisah dan ketidakmampuan untuk fokus pada apapun.

Akui Kaget Dengar Anggaran Sampah DKI Jakarta, Risma: Untung Saya Gak Pingsan

4. "Saya selalu pilek"

Terlalu berlebihan olahraga akan membuat daya tahan tubuh lemah. Pasalnya, tubuh terus-menerus mengalami kelelahan dengan waktu yang tidak cukup untuk pulih dari latihan yang intens. Efeknya, energi yang disimpan untuk memastikan sistem kekebalan baik malah digunakan untuk memperbaiki otot yang rusak.  

Tak Disangka, Penyakit Ini Bisa Disembuhkan dengan Berolahraga, Penasaran?

Halaman: 
Penulis : Nugroho Meidinata