logo


Benarkah Tahu Bisa Sebabkan Kanker Payudara? Ini Fakta Sebenarnya

Penasaran?

31 Juli 2019 09:11 WIB

Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Makanan yang berbahan dasar kedelai ini banyak digemari oleh semua kalangan, dari pria, wanita, hingga anak-anak. Tak heran, jika tiap hari kita harus mengonsumsinya.

Tetapi, banyak kabar yang beredar di masyarakat menyebutkan tahu bissa menyebabkan kanker payudara. Nah, gimana fakta sebenarnya.

Baca Juga: Akhirnya, Fairuz Buka Suara Soal Permintaan Maaf Galih, "Selama Ini Harga Diriku Diinjak-injak"


5 Makanan 'Murah' yang Mampu Cegah Penyakit Kanker

Akui Pernah Gunakan Narkoba, Nikita Mirzani: Kan Cari Uang untuk Keluarga

Tahu mengandung fitoestrogen yang disebut isoflavon yang merupakan bahan kimia. Isoflavon sendiri memiliki struktur yang mirip dengan hormon estrogen wanita.

Karena mirip, isoflavon disebut dapat meningkatkan risiko kanker payudara dan bahkan memperparah seseorang yang telah terkena kanker payudara.

Tetapi, ternyata hal tersebut hanya mitos kok Kawan Jitu. Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Perlmutter Cancer Center Survivorship Program, Marleen Meyers.

SBY Akan Ketemu Jokowi, HNW Singgung Orang Jawa, "Kita Semuanya Muslim"

"Dalam budaya Asia, di mana orang makan banyak kedelai sejak usia  muda, tingkat terkena kanker payudara mereka justru lebih rendah," kata Meyers.

Hal ini didukung pula oleh Direktur Eksekutif di Soy Nutrition Insitute, Dr. Mark Messina.

"Banyak kepanikan terhadap kedelai dan kanker berasal dari studi tahun 1998 pada tikus, yang menunjukkan bahwa isoflavon kedelai, yang bertindak mirip dengan hormon estrogen, menyebabkan tumor payudara yang ada tumbuh," papar Mark.

Simpel, dalam 2 Menit Bisa Mendeteksi Kanker dari Bau Mulut, Mau Coba?

Halaman: 
Penulis : Nugroho Meidinata