logo


Mengenal Elang Emas Asal Meksiko (Golden Eagle)

Berikut ulasannya

30 Juli 2019 14:42 WIB

GOLD EAGLE
GOLD EAGLE
dibaca 678 x

Elang emas adalah salah satu burung elang yang berada di Belahan Utara. Seperti semua elang, elang ini masuk kedalam famili Accipitridae. Elang ini menyebar di Amerika Utara, Eropa dan Asia. Burung ini memiliki panjang tubuh lebih dari 1 meter.

Ukuran tubuh elang emas ini berkisar antara 66 sampai 102 cm dari ujung paruh sampai ujung ekor dan rentang sayap berkisar antara 180 sampai 234 cm[1] dengan berat tubuh sekitar 2,8 sampai 4,5 kg untuk jantan dan pada umumnya jenis burung pemangsa berat tubuh elang emas betina sekitar 3,7 sampai 6,6 kg. Elang emas memiliki corak bulu berwarna coklat gelap dan bercorak emas pada bagian kepala hingga leher. Warna emas pada kepala inilah yang menjadikan raptor ini disebut Elang.

Pada masa remaja atau Juvenille warna bulu cenderung sama dengan Elang emas dewasa, tetapi warnanya lebih gelap. Pada bagian ekor elang remaja, terdapat warna putih sekitar sepertiga dari pangkal ekor. Kadang-kadang pada elang remaja, terdapat juga warna putih di luar dan dalam pada bulu sayap sekunder yang membentuk corak seperti bulan sabit. Elang emas memiliki paruh yang tebal dan besar yang berwarna hitam dengan warna kuning pada bagian hidung. Pada bagian kaki diselimuti bulu dari paha hingga pergelangan kaki.


Serupa Tapi Tak Sama, Ini Kelebihan yang Kamu Dapat Jika Isi Angin Ban dengan Nitrogen

Elang emas mempunyai kaki yang besar dengan dilengkapi cakar yang panjang, tebal, dan kuat. Jari kaki berwarna kuning yang ukuran jarinya bisa seukuran jempol orang dewasa. Kaki yang besar dan cakar yang tajam menjadi andalan raptor ini untuk memangsa hewan yang ukrannya lebih besar dari tubuhnya.

Golden Eagles ditemukan di Eropa, Asia, Afrika Utara dan Amerika Utara. Di Eropa, Elang Emas sebagian besar hidup di daerah pegunungan terpencil juga di dataran rendah. Di beberapa daerah, seperti Skotlandia, spesies ini juga tinggal di pantai, misalnya di Mull atau Skye. Elang Emas membutuhkan wilayah besar dengan mangsa yang cukup baik di daerah terbuka atau semi terbuka tanpa gangguan manusia. Baik dalam berburu ataupun membangun sarangnya. Jumlah terbesar elang emas ditemukan di daerah pegunungan, dengan banyak melakukan perburuan dan bersarang di pohon besar dan tebing pegunungan. Namun, mereka tidak sepenuhnya terikat pada ketinggian tinggi dan dapat berkembang biak di dataran rendah.

Elang Emas memiliki salah satu jenis elang dengan distribusi terbesar dari semua elang. Ini terjadi di sebagian besar Amerika Utara bagian barat dari Alaska ke Meksiko. Di belahan eropa dapat dijumpai dibeberapa daerah seperti Inggris terdapat didaerah datararan tinggi, di spanyol sebagian besar berada di daratan tinggi, Rusia terdapat di daerah bagianya utara, Mirgasi ke Republik Ceko sekitar pada musim dingin, Bulgaria dan turki termasuk burung penetap, dan di Yunani berada di Yunani utara dan timur laut tapi sekarang sulit dijumpai dan beberap daerah seperti afrika dan asia. Ada enam subspesies burung elang emas yang di akui baik dari ukuran dan warna bulu.

Di indonesia sendiri hanya sebagian yang berani mendatangkan elang ini dari peternak di ceko. Salah satunya adalah mas ade sulistyo dari semarang.beliau sekarang menjual di forum jual beli dengan harga 300 jutaan beserta equipment BOP (bird of prey). Ungkapnya jika ada biaya elang satu ini akan di belikan jodoh dan membreding hingga membuat keturunan. Dia masih melatih skill elang ini dan mengungkap akan turut meramaikan kontes di Kazakhtan  yang terselenggara 5 tahun sekali.

 

Ditulis oleh: Alvino Hore

*Tulisan ini adalah 'Suara Kita' kiriman dari pembaca. Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap isi, foto maupun dampak yang timbul dari tulisan ini. Mulai menulis sekarang.

4 Cara Alami yang Dapat Kamu Lakukan untuk Menjaga Kukumu Tetap Cantik dan Sehat

Halaman: 
Admin : Raka Kisdiyatma