logo


Sering Dianggap Sama, Gagal Jantung dan Serangan Jantung Ternyata Beda Lho

Apa bedanya?

30 Juli 2019 13:39 WIB

Ilustrasi penyakit jantung.
Ilustrasi penyakit jantung. google

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Sering kita mendengarkan istilah gagal jantung dan serangan jantung. Bahkan kedua istilah tersebut sering dianggap sama, padahal keduanya berbeda lho Kawan Jitu.

Meskipun keduanya terjadi pada organ jantung, serangan jantung dan gagal jantung dibedakan dari gejala yang dimunculkan.

Baca Juga: Rey Utami Janji Akan Berhijab Usai Bebas, Netizen Bilang, "Kok Seperti Nodong yang Kuasa"


Meniup Makanan Panas Bisa Bahayakan Jantung dan Ginjal, Benarkah?

Dikenal Kaya Akan Manfaat, Ketumbar Ternyata Tidak Boleh Asal Dikonsumsi oleh....

Serangan jantung sendiri terjadi ketiak saat suplai darah terhambat, tidak ada darah yang mengalir ke jantung, maka sebagian otot jantung akan mulai mati kehabisan oksigen. Selama serangan ini terjadi, jantung tetap berdetak meski tidak ada darah yang mengalir masuk, namun detak tersebut lambat laun akan melemah.

Adapun gejalanya jika terjadi serangan jantung muncul sakit di bagian tengah dada seperti ditekan yang membuat sesak yang bertahan selama beberapa menit dan tidak berhenti meski seseorang beristirahat, sakit dada lalu menyebar ke leher, rahang, lengan atas, perut, dan punggung, kemudian sulit bernafas dan batuk.

Sementara gagal jantung disebabkan oleh pesan-pesan listrik pada jantung terganggu sehingga detak jantung akan terganggu. Dan ini akan mengakibatkan irama detak jantung yang tidak normal bahkan jantung berhenti berdetak sama sekali. Hal ini membuat jantung tidak mampu mengantar darah kaya oksigen kepada otak, paru-paru, dan organ tubuh lainnya.

Jangan Dianggap Remeh!! Gigi Berlubang Bisa Sebabkan Penyakit Jantung Hingga Stroke

Gejalanya, mendadak kehilangan kesadaran dan kehilangan respons tubuh, tidak bernafas, tidak ada denyut nadi karena jantung telah berhenti berdetak.

Nah, gimana Kawan Jitu, sudah paham kan bedanya?

Jangan Sampai Terjadi! Ini Bahaya Mengerikan Jika Langsung Mandi Usai Bangun Tidur

Halaman: 
Penulis : Nugroho Meidinata