logo


Serupa Tapi Tak Sama, Ini Kelebihan yang Kamu Dapat Jika Isi Angin Ban dengan Nitrogen

Meskipun memiliki jenis yang berbeda, namun secara garis besar fungsi keduanya tetaplah sama, hanya saja terdapat sifat yang berbeda pada setiap jenisnya.

29 Juli 2019 19:32 WIB

Ban Mobil / Kendaraan
Ban Mobil / Kendaraan autos.id
dibaca 572 x

Kondisi ban yang terpompa atau cukup angin sudah menjadi keharusan sebelum berkendara, disamping itu hal ini dilakukan juga untuk menunjang kenyamanan dalam berkendara.

Jenis angin yang umum digunakan di kalangan masyarakat kita terdapat dua jenis yaitu angin biasa/oksigen, dan juga nitrogen. Yang keduanya kerap ditemui di pom bensin ataupun di bengkel-bengkel di pinggir jalan.

Jenis manakah yang lebih baik dan lebih direkomendasikan untuk digunakan? Nitrogen atau angin biasa/oksigen? Simak ulasan berikut.


Mengenal Bajing Kelapa, Si Hama Imut Nan Lucu

  1. Adaptasi suhu dalam ban

ilustrasi

Tingkat suhu pada ban di pengaruhi oleh partikel molekul yang terdapat pada angin yang mengisi ban. Semakin besar partikel molekul pada angin, semakin rendahlah suhu yang diberikan.

Untuk jenis nitrogen, memiliki partikel angin yang lebih besar dibandingkan dengan angin biasa. Hal tersebut membuat suhu udara di dalam ban lebih stabil dan resiko ban meletus karena kepanasan akan berkurang. Karena peningkatan suhu yang dihasilkan oleh nitrogen tidak secepat peningkatan suhu yang diberikan oleh angin biasa.

Kasau: Spirit Hari Bakti Harus Dimanifestasikan dalam Proses Pembangunan Postur Kekuatan dan Kemampuan TNI AU

Halaman: 
Admin : Kesdik Bayu