logo


Duh, Ini yang Terjadi dengan Motormu Jika Sering Telat Ganti Oli

Berikut ulasannya

29 Juli 2019 13:03 WIB

ilustrasi
ilustrasi
dibaca 129 x

Oli mesin motor. Bagian peting pada motor yang jangan sampai kamu abaikan Oli berguna sebagai pelumas, pelindung, pembersih, dan pendingin mesin. Tentu saja mengabaikan hal tersebut dapat mengakibatan hal buruk terjadi pada motor kamu, apalagi jika motor menjadi alat transportasi yang vital dan kerap kamu gunakan. Namun efek buruk apa saja yang bisa terjadi jika tidak rutin mengganti oli motor? Berikut ulasannya.

1. Motor yang tidak nyaman ketika dikendarai

Getaran yang pada bagian mesin ketika motor dikendarai, termasuk salah satu akibat yang timbul jika kamu tidak telaten untuk mengganti oli motor kamu. “oli berfungsi sebagai pelumas mesin” jika pelumas tersebut berada dalam kondisi kotor dan volume yang telah berkurang, mesin pun harus bekerja dengan ekstra sehingga gesekan yang ditimbulkan menjadi semakin kuat. Disamping itu juga tarikan mesin menjadi lebih berat dari biasanya.


4 Alasan Mengapa Orang Suka Nonton Film Horor

2.  Overheating atau panas yang berlebihan

Oli yang berfungsi sebagai pendingin mesin akan mengalami penurunan jika volumenya kian berkurang. Kerusakan pada komponen mesin akan terjadi jika hal tersebut dibiarkan begitu saja.

3.  Memperpendek usia mesin

Oli mempuyai pengaruh yang besar untuk kesehatan mesin, fungsi untuk melindungi mesin menjadi sia-sia jika dibiarkan kotor dan semakin berkurang seiring berjalannya waktu. Hal tersebut juga berpengaruh pada usia mesin, usia mesin akan menjadi lebih pendek dari yang seharusnya.

4.  Motor mendadak mati ketika digunakan

Motor yang mendadak mati saat perjalanan, tak bisa didorong, dan ban yang tak mau bergerak sama sekali. Disebut piston ngancing, yang terjadi karena panas yang berlebihan karena oli yang sudah habis. Solusi yang bisa dilakukan hanya membawanya ke bengkel terdekat, entah bagaimanapun caranya.

5.  Risiko lain pada mesin

Mesin yang rusak karena oli tak kunjung diganti, yang kemudian berakibat pada komponen yang lain. Solusi satu-satunya yaitu dengan turun mesin. Dan juga proses itu sendiri cukup menghabiskan waktu dan biaya yang lumayan besar dalam proses pengerjaannya.

Efek samping yang semakin parah juga membutuhkan biaya yang lebih besar untuk menanganinya. Masih malas-malsan untuk mengganti oli mesin mu?

Ditulis oleh: Rizky Pratama

*Tulisan ini adalah 'Suara Kita' kiriman dari pembaca. Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap isi, foto maupun dampak yang timbul dari tulisan ini. Mulai menulis sekarang.

Inilah Beberapa Mitos dan Mistis di Gunung Tertinggi Ke 2 Indonesia(Mt.Slamet)..

Halaman: 
Admin : Raka Kisdiyatma