logo


Selain Selatan Jawa, Daerah di Jawa Timur Ini Juga Dihantui Potensi Gempa Besar

Kira-kira kota mana ya?

29 Juli 2019 08:29 WIB


MALANG, JITUNEWS.COM - Usai masyarakat selatan Jawa yang meliputi Cilacap, Kebumen, dan sekitarnya dihebohkan dengan prediksi bencana gempa besar dan disertai gelombang tsunami, kini masyarakat Malang dihantui juga bencana tersebut.

Hal tersebut juga dibenarkan oleh Kepala BMKG Stasiun Geofisika Kelas III Karangkates, Musripan. Ia mengatakan bahwa potensi gempa tersebut tidak bisa dielakkan.

Baca Juga: Dikabarkan Maju di Pilkada Medan 2020, Menantu Jokowi Tegaskan, "Kalau Diminta Masyarakat, Pasti"


Bandung Dingin! Ditempat Ini kamu Bisa Menemukan Embun Es

Sempat Gak Setuju Pernikahan Nunung dengan Iyan, Putra Nunung Ungkap Sikap Aslinya

"Potensi gempa itu memang ada dan kita semua tak bisa mengelak memang Indonesia, apalagi di pantai Selatan kita ini memang ada potensi terjadinya gempa besar," jelas Musipan yang telah diwartakan Malang Today (28/7).

Maka dari itu, ia mengedukasi mitigasi bencana kepada masyarakat Malang. Di mana masyarakat bisa menyelamatkan diri ketika bencana terjadi.

"Jadi memang bila benar-benar terjadi gempa bahkan tsunami, kita bisa menyelamatkan diri. Persiapan ini meliputi jalur, edukasi masing-masing anggota masyarakat yang berada di bibir pantai," sambungnya.

Terciduk Mengomentari Unggahan Taqy Malik, Netizen ke Ayah Salmafina, "Susah Move On ya Pak?"

Ia pun juga mengimbau jika gempa terjadi untuk berada di daerah lapang dan tidak berada di area gedung dan bangunan. Kemudian, ia meminta masyarakat untuk mencatat nomor-nomor penting yang dapat dihubungi, termasuk pemadam kebakaran, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), hingga PMI Kabupaten Malang.

"Jika sedang di luar ruanga atau areal terbuka, sebaiknya mungkin bisa menghindari lokasi lahan yang punya bangunan di sekitarnya, harus yang lapang," tandasnya.

Muncul Fenomena Topi Awan di Puncak Rinjani, BMKG Peringatkan, "Itu Berbahaya...."

Halaman: 
Penulis : Nugroho Meidinata