logo


Dua Putra Jokowi Masuk Bursa Walikota Solo, PDIP Angkat Bicara

Hasto Kristiyanto menanggapi munculnya nama kedua putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep dalam bursa pemilihan Walikota Solo untuk Pilkada 2020.

27 Juli 2019 13:25 WIB

Gibran Rakabuming dan Kaesang Pangarep
Gibran Rakabuming dan Kaesang Pangarep Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Sekretaris Jendral PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto menanggapi munculnya nama kedua putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep dalam bursa pemilihan Walikota Solo untuk Pilkada 2020.

Menurut Hasto, semua nama yang mungkin memiliki elektabilitas untuk diusung dalam Pilkada 2020 mendatang akan dibahas dalam Kongres PDI Perjuangan yang rencananya digelar 8 hingga 11 Agustus.

Baca juga: PVMBG: Gunung Tangkuban Parahu Sudah Berhenti Erupsi


Jokowi Bicara soal Ideologi Bangsa, FPI: Sudah Kuduga

"Pilkada kan 2020, nanti kami akan bahas dalam kongres," kata Hasto ditemui usai pertemuan dengan para sekjen eks Koalisi Indonesia Kerja (KIK) di Hotel Mandarin Oriental, Jakarta Pusat, dilansir dari CNNIndonesia, Sabtu (27/7) malam.

Hasto menjelaskan, PDIP punya mekanisme khusus untuk menjaring dan menyeleksi nama-nama potensial untuk maju dalam Pilkada maupun Pemilu. Pemetaan politik pun kata dia dilakukan agar calon yang dipilih bukan hanya memiliki aspek keterkenalan tapi benar-benar memiliki kredibilitas dalam memimpin.

Tak hanya itu, pihaknya juga menjaring usulan dari berbagai pihak misal dari DPC. Jika calon sudah terjaring maka akan dilakukan sejumlah tes dan wawancara, hingga survei di lapangan.

"Setelah itu kami lakukan sekolah partai. Prinsipnya Pilkada jadi momen bagi PDIP untuk memperkuat mekanisme institusionalisasi kelembagaan dalam menghasilkan pemimpin yang baik," katanya.

Putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep masuk dalam bursa Pemilihan Wali Kota Surakarta (Solo) periode 2020-2025.

Hal itu berdasarkan survei calon wali kota Solo yang dilakukan Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta.

"Ini sesuai dengan hasil survei yang kami lakukan," kata Ketua Laboratorium Kebijakan Publik Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta Suwardi di Solo, seperti dikutip Antara Kamis (25/7).

Gibran dan Kaesang Masuk Bursa Wali Kota, Demokrat: Dengan Senang Hati Mendukung

Halaman: 
Penulis : Kesdik Bayu