logo


Gunung Tangkuban Parahu Erupsi, Kawasan Wisata Ditutup dan Masyarakat Diminta Waspada

PVMBG juga meminta masyarakat untuk waspada ketika cuaca mendung dan hujan

26 Juli 2019 19:08 WIB

Gunung Tangkuban Parahu
Gunung Tangkuban Parahu Istimewa

"Level ini dapat membahayakan penerbangan. VONA juga menyebutkan distribusi abu vulkanik mengarah ke timur laut dan selatan," katanya.

PVMBG mengevaluasi status Gunung Tangkuban Parahu yang berada pada level I (normal). PVMBG merekomendasikan masyarakat sekitar, pengunjung, wisatawan, pendaki tidak diperbolehkan turun mendekati dasar kawah Ratu dan Kawah Upas dan tidak boleh menginap dalam kawasan kawah-kawah aktif yang ada di dalam kompleks Gunung Tangkuban Parahu.

PVMBG juga meminta masyarakat untuk waspada ketika cuaca mendung dan hujan, karena terdapatnya gas-gas vulkanik dapat membahayakan kehidupan manusia.


Kemensos Buka Penerimaan Mahasiswa Baru Poltekesos Bandung Tahun Akademik 2019/2020

"Masyarakat di sekitar Gunung Tangkuban Parahu, pedagang, wisatawan, pendaki, dan pengelola wisata Gunung Tangkuban Parahu agar mewaspadai terjadinya letusan freatik yang bersifat tiba-tiba dan tanpa didahului oleh gejala-gejala vulkanik yang jelas," kata Agus berdasarkan imbauan dari PVMBG.

PVMBG juga meminta masyarakat di sekitar gunung untuk tetap tenang dan tidak terpancing oleh isu-isu yang tidak benar, serta memantau peringatan maupun informasi dari pemerintah daerah atau Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat.

Heboh Potensi Tsunami Selatan Jawa, BNPB Peringatkan, "Segera Evakuasi Jika..."

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata