logo


Bukan Pagi Hari, Inilah Waktu yang Tepat untuk Mandi Air Hangat

Mandi air hangat punya banyak manfaat bagi kesehatan. Untuk itu lakukanlah di saat yang tepat.

25 Juli 2019 19:46 WIB

MANDI
MANDI HALOSEHAT

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Fakta menyebutkan bahwa mandi air hangat di malam hari bisa menghasilkan perasaan relaks dan membuat suhu tubuh lebih rendah.

Namun, manfaat tersebut baru bisa benar-benar dirasakan jika kamu mandi air hangat di waktu yang tepat. Lantas, kapan waktu yang dimaksud?

Baca juga: Turunkan Tekanan Darah Tinggi dengan Minum 7 Pilihan Jus Ini


Kamu Jarang Mandi Sore? Awas, Bahaya Ini Mengintaimu!

Melansir dari laman JPNN, Kamis (25/7), Tim peneliti yang dipimpin oleh peneliti doktoral Departemen Teknik Biomedis di University of Texas, Dr. Shahab Haghayegh tergerak untuk menyelidiki hal tersebut.

Setelah melakukan telaah mendalam dengan memperhatikan berbagai faktor yang terlibat, tim peneliti mendapatkan hasil bahwa waktu terbaik untuk mandi air hangat adalah 1–2 jam sebelum tidur. Untuk mendapatkan manfaat yang paling maksimal, durasi mandi air hangat yang dilakukan tidak perlu lebih dari 10 menit.

Dari penelitian tersebut, tim yang tergabung mengungkap bahwa mandi air hangat bisa mengoptimalkan sirkulasi darah dan menyeimbangkan suhu dari inti tubuh ke bagian lainnya. Tak hanya itu, peneliti juga berpendapat bahwa mandi air hangat 1–2 jam sebelum tidur mampu meningkatkan ritme suhu sirkadian, sehingga seseorang bisa tidur lebih cepat dengan kualitas yang paling baik.

Nah, jadi, mandi air hangat 1–2 jam sebelum tidur adalah solusi paling tepat untuk kamu yang ingin bisa tidur nyenyak. Jangan lupa untuk membuat suasana kamar nyaman dengan menjaga suhunya agar tetap sejuk, hindari minum alkohol atau kafein sebelum tidur, dan lakukan olahraga secara rutin dan teratur, serta terapkan gaya hidup sehat.

Dengan ini semua, kualitas tidur kamu akan benar-benar optimal sehingga kesehatan tubuh senantiasa terjaga.

Kamu Cepat Terlelap Tidur? Awas, Bisa Jadi Kamu Mengidap Masalah Ini

Halaman: 
Penulis : Kesdik Bayu