logo


Jokowi, Prabowo, dan Megawati Bertemu di Istana Batu Tulis, Ingatkan pada Deal Politik Pilpres 2009

Penasaran?

24 Juli 2019 08:43 WIB

Megawati dan Prabowo
Megawati dan Prabowo Net

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Hari ini (24/7) Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri beserta Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto dan juga ditemani oleh Presiden Jokowi akan melakukan pertemuan di Istana Batu Tulis, Bogor.

Acara pertemuan tersebut akan dimulai sekitar jam makan siang, atau pukul 12.00 siang. Hal ini dibenarkan oleh Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Arief Poyuono dan Sekjend PDIP Hasto Krisitiyanto.

Baca Juga: Tak Dilibatkan dalam Pemilihan Menteri, Ma'ruf Akui Gak Masalah, "Masa Saya Beri Masukan"


Bantah Poyuono, Habiburokhman Sebut Tak Ada Agenda Pertemuan Prabowo, Jokowi, dan Megawati

Surya Paloh Lakukan Pertemuan Parpol Koalisi, Pengamat Nilai: Mungkin Masuknya Gerindra ke...

"Ibu Megawati Soekarnoputri memang direncanakan bertemu dengan Pak Prabowo," kata Hasto seperti yang telah diwartakan Pojoksatu.com (23/7).

Yang menarik dalam pertemuan tersebut, mengingatkan kita pada Pilpres 2009 yang terjadi deal politik antara Prabowo Subianto dan Megawati yang keduanya maju sebagai capres dan cawapres di Istana Batu Tulis.

Deal politik yang dikenal dengan Perjanjian Batu Tulis tersebut pada poin ketujuh menyebutkan Megawati mendukung pencalonan Prabowo Subianto sebagai calon presiden pada Pilpres 2014.

Diduga Menghina dan Lecehkan Aceh, Senator Aceh Laporkan Denny Siregar ke Kepolisian

Bahkan, perjanjian tersebut juga diungkap oleh salah satu anggota perunding dari Gerindra, yakni Martin Hutabarat. Ia mengatakan bahwa perjanjian tersebut adalah awal dimulainya kerja sama PDIP dan Gerindra di politik.

"Di Pilpres 2014 yang akan datang pun, naluri politik saya kuat mengatakan bahwa Gerindra dan PDIP akan tetap menjadi kawan sejati, tidak hanya karena adanya Perjanjian Batu Tulis tersebut," ucap Martin beberapa tahun lalu.

Tetapi, pada tahun 2014, PDIP justru mencalonkan kadernya sendiri,  Jokowi  dan terpilih di 2014 bahkan terpilih kembali pada 2019.

Apakah Istana Batu Tulis erat kaitannya dengan deal politik antar kedua partai? Mari kita lihat hasil pertemuannya nanti ya Kawan Jitu!

Tidak Hanya Presiden Perempuan Pertama, Megawati Juga Tercatat Sebagai...

Halaman: 
Penulis : Nugroho Meidinata