logo


Apple Bakal Kerjasama dengan Chipset Intel, Bagaimana Nasib Qualcomm?

Apple memiliki kemungkinan untuk membuat chip modemnya sendiri.

23 Juli 2019 16:42 WIB

Ilustrasi.
Ilustrasi. Pixabay

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Apple memiliki kemungkinan untuk membuat chip modemnya sendiri. Menurut laporan Wall Street Journal, Apple menyetujui untuk membeli bisnis modem Intel.

Nilai dari kesepakatan antara Apple dan Intel akan mencapai USD1 miliar atau lebih. Dilansir Digital Trends (23/7), meskipun Apple seringkali membuat kesepakatan skala kecil tanpa mengumbarnya, ada kemungkinan kesepakatan dengan Intel ini diumumkan ke publik.

Jika kesepakatan itu benar-benar terjadi, hal ini bukan lagi hal yang mengejutkan mengingat Apple kerap berupaya sebanyak mungkin untuk merancang dan membuat komponen sendiri. Apple juga dikabarkan mulai membangun chip keamanan sendiri untuk komputer Mac. Tentu saja hal ini mencerminkan bahwa Apple berharap untuk menggunakan teknologi buatannya baik pada iPhone maupun Mac.


Inilah 10 Maskapai Penerbangan Terbaik saat Ini, Garuda Indonesia Nomor...

Sebagaimana diketahui, Apple menghadapi kendala mendapatkan modem 5G untuk iPhone terbaru. Raksasa teknologi itu sempat bertarung di pengadilan dengan Qualcomm terkait biaya lisensi dan paten sehingga membuat perusahaan membuat kesepakatan dengan Intel. Namun demikian, Intel pun dilaporkan mengalami kesulitan mengembangkan modem 5G sendiri.

Atas kondisi tersebut, akhirnya Apple dan Qualcomm memperbaiki hubungan bisnis mereka dan menyetujui perjanjian lisensi enam tahun untuk mengembangkan modem. Belum jelas apakah Apple diharuskan menggunakan modem Qualcomm sebagai bagian dari perjanjian itu. Namun bagian dari kesepakatan tersebut mengharuskan Intel keluar dari bisnis modem 5G.

Setelah kesepakatan Apple-Qualcomm, Intel mencari pembeli untuk portofolio paten dan SDM yang berkaitan dengan modem. Dan Apple menjadi pembeli yang masuk akal. Jika kesepakatan antara Intel dan Apple benar-benar terjadi, maka kemungkinan perusahaan akan menghapus modem Qualcomm dan siap mengembangkannya secara mandiri.

Jangan Terlambat, Besok Vivo S1 Adakan Selling Day

Halaman: 
Penulis : Kesdik Bayu